1. HOME
  2. DIGITAL
ANDROID

Hacker Ancam Keamanan 1 Miliar Smartphone Android

Bug bernama Linux TCP tersebut diprediksi dapat dialami oleh 80 persen smartphone Android di dunia.

By Adhi 19 Agustus 2016 09:06
Ilustrasi (Slashgear.com)

Money.id - Pakar keamanan cyber dari lembaga Lookout Security melaporkan penemuan kerentanan sistem (bug) di sistem operasi Android baru yang berbahaya. Celakanya, bug ini diklaim membuat 1 miliar lebih smartphone Android terancam diretas hacker.

Bug bernama Linux TCP tersebut diprediksi dapat dialami oleh 80 persen smartphone Android di dunia. Bug tersebut juga dapat menjadi jalan masuk bagi hacker untuk menyadap percakapan, termasuk yang terenkripsi (terlindungi kode) sekalipun.

Dilansir laman Techworm, sistem operasi Android memang dikembangkan berbasis Linux, dan bug Linux TCP ada di versi Linux kernel v3.6 hingga v4.7. Artinya, semua gadget yang berjalan dengan OS Android KitKat 4.4 ke atas terekspos oleh kerentanan bug Linux TCP.

Setelah penemuan bug itu, Lookout mengatakan sudah menghubungi pihak Google dan update perbaikan sistem disebut segera bergulir.

Sayangnya, update dari Google ini dipastikan tidak langsung sampai ke pengguna karena diproses dulu oleh vendor smartphone.

Nah, fakta ini lah yang membuat Lookout khawatir akan eksploitasi bug Linux TCP pada jutaan pengguna smartphone Android yang belum menerima update perbaikan sistem tadi.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section