1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Jurus Menghemat Baterai Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Dengan menggunakan cara ini waktu penggunaan ponsel pintar akan meningkat.

By Nur Chandra Laksana 1 Juli 2016 08:11
Ilsutrasi Penggunaan Baterai (digitaltrend.com)

Money.id - Kegiatan mudik Lebaran sudah mulai dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, maka penggunaan ponsel pintar untuk melakukan navigasi dan lainnya pasti meningkat.

Hal ini menyebabkan penggunaan daya baterai ponsel pintar kian meninggi. Imbasnya adalah baterai akan cepat habis.

Hal yang sama juga terjadi saat merayakan momen lebaran. Penggunaan kamera untuk mengambil gambar dan video secara terus menerus akan mengakibatkan baterai ponsel akan lebih cepat habis.

Nah, untuk menghindari tersebut, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Penasaran bagai mana caranya? Simak tipsnya berikut ini!

1. Selalu Gunakan Baterai Original

Penggunaan baterai yang tidak sesuai dengan pabrikan dalam jangka pendek memang tidak akan memperlihatkan tanda-tanda yang mencurigakan. Namun, dalam jangka waktu yang cukup lama, maka penurunan performa baterai akan sangat terasa.

Selain itu, jangan tergiur dengan penjual yang menjual baterai dengan kapasitas yang melebihi kapasitas baterai yang dianjurkan. Pasalnya, penggunaan baterai tersebut hanya akan berdampak negatif bagi ponsel kita.

Oleh karena itu, penggunaan baterai original dapat membatu ponsel kita menyala lebih lama tanpa harus beresiko merusak perangkat kita.

2. Wallpaper Hitam Bisa Mengurangi Penggunaan Baterai

Penggunaan wallpaper hitam ternyata dapat mengurangi penggunaan baterai, terutama pada ponsel yang menggunakan layar AMOLED. Pasalnya, layar akan hanya memberikan pencahayaan kepada pixel yang berwarna saja.

Jika menggunakan wallpaper yang dominan berwara hitam, maka secara otomatis penggunaan baterai akan semakin irit.

3. Jangan Pernah Aktifkan Fungsi Auto Brightness

Menggunakan fitur Auto Brightness memang mampu memberikan kenyamanan bagi para pengguna ponsel pintar saat berpindah dari suatu ruangan ke ruangan lain yang memiliki pencahayaan berbeda. Namun, di sisi lain, penggunaan fitur ini ternyata dapat menyebabkan layar ponsel jauh lebih terang dari pengaturan manual.

Oleh karena itu, penggunaan baterai akan jauh lebih boros. Untuk itu, disarankan para pengguna untuk mengatur tingkat cahaya pada layar ponsel secara manual.

Selain menghemat di bidang pencahayaan, mematikan fitur ini secara otomatis mematikan sensor cahaya yang terdapat pada ponsel. Hal ini juga dapat memperpanjang tingkat pemakaian baterai itu sendiri. (dhi)

Baca Juga :

 

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section