1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Harga iPhone 7 di Inggris Melambung Tinggi Akibat 'Brexit'

Nilai tukar pound sterling dilaporkan terus melemah dan mendorong kenaikan harga berbagai jenis produk.

By Adhi 10 September 2016 18:20
Ilustrasi Apple Store (wikimedia.org)

Money.id - Tanggal 23 Juni 2016 menjadi tonggak sejarah baru bagi masyarakat Britania Raya (Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara).

Pemungutan suara warga Britania Raya terkait referendum 'Biritish Exit' (Brexit) yang dilakukan pada hari itu menghasilkan keputusan bahwa negara-negara Britania keluar dari Uni Eropa.

Ternyata, keputusan Inggris dan kawan-kawan keluar dari Uni Eropa langsung berdampak pada perekonomian mereka. Nilai tukar pound sterling dilaporkan terus melemah dan mendorong kenaikan harga berbagai jenis produk, termasuk produk-produk Apple yang notabene diimpor dari Amerika Serikat.

Dilansir laman Phone Arena, di Inggris, smartphone terbaru iPhone 7 dijual seharga 599 pound sterling (sekitar Rp10,4 juta). Sementara iPhone 7 Plus dihargai 719 pound sterling (sekitar Rp12,6 juta).

Harga tersebut jauh lebih mahal jika dibandingkan di Amerika Serikat, di mana untuk iPhone 7 dihargai US$649 atau sekitar Rp8,5 juta dan iPhone 7 Plus dijual US$769 atau sekitar Rp10 juta-an. 

Kenaikan harga tersebut tidak hanya terjadi untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus saja, tetapi juga berdampak pada produk-produk Apple lain seperti Mac dan produk aksesori.

iPad Pro contohnya, tablet besutan Apple tersebut kini berharga 549 poundsterling (Rp9,6 juta) di Inggris. Naik dari harga sebelumnya 499 pound sterling (Rp8,7 juta).

Selain itu, Apple Pencil yang sebelumnya dijual 79 pound sterling (Rp1,3 juta) kini naik menjadi 99 pound sterling (Rp1,7 juta).

Penyesuaian harga untuk pasar-pasar tertentu bukanlah hal baru, dan biasanya didorong oleh fluktuasi mata uang.

Apple yang berbasis di Amerika Serikat melakukan semua akuntansi dalam dolar AS, yang berarti ketika mata uang negara lain turun atau naik terhadap dolar AS, maka Apple harus membuat penyesuaian harga untuk mengompensasi perbedaan. (poy)

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section