1. HOME
  2. FRESH
TIPS SEHAT

Jenis Pekerjaan yang Melindungi Anda dari Pikun di Usia Tua

Salah satu penyakit yang masih menjadi misteri adalah pikun, atau lebih parahnya lagi adalah alzheimer.

By Adhi 4 September 2016 11:34
Ilustrasi (Qerja.com)

Money.id - Berumur panjang bebas penyakit tentu adalah harapan semua orang dan kemajuan medis pun semakin meningkatkan angka harapan hidup di berbagai negara.

Namun, ada satu area yang masih menjadi teka-teki yang berusaha dipecahkan dunia medis, yaitu kesehatan mental di usia tua. Salah satu penyakit yang masih menjadi misteri adalah pikun, atau lebih parahnya lagi adalah alzheimer.

Hasil riset yang dipresentasikan beberapa bulan lalu pada konferensi internasional Asosiasi Alzheimer (Alzheimer’s Association’s) di Toronto mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang dapat membantu melindungi individu dari gejala awal penyakit alzheimer.

Menurut temuan tersebut, dokter, pengacara, guru, pekerja sosial, dan engineer adalah segelintir dari jenis karier yang memberi perlindungan terbesar terhadap gejala-gejala penyakit alzheimer. Kesamaan dari pekerjaan-pekerjaan ini adalah mereka relatif kompleks, tinggi tekanan, dan menuntut daya pikir tinggi.

Selain itu, interaksi sosial yang aktif juga menjadi faktor dalam pencegahan penyakit alzheimer. Pilihan karier yang mengharuskan individu untuk banyak berinteraksi dengan individu lain dan memegang peran sebagai mentor seperti psikolog, counselor, atau petinggi agama, juga dikategorikan sebagai jenis pekerjaan paling kompleks.

Di sisi lain, buruh, kasir, operator mesin, dan tipe pekerjaan yang pasif atau hanya bekerja dengan benda dan data tergolong paling rentan terserang gejala awal alzheimer.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section