1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini 5 Kebaikan Memelihara Hewan bagi Kesehatan

Interaksi antar manusia dan hewan ternyata dapat membuat orang yang memiliki hewan peliharaan tersebut lebih bahagia dan sehat.

By Azalia Amadea 25 Agustus 2016 13:43
Bermain bersama hewan peliharaan (homeremy.com)

Money.id - Memelihara hewan ternyata berefek baik bagi kesehatan Anda. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan sejak 20 tahun terakhir. Interaksi antar manusia dan hewan ternyata dapat membuat orang yang memiliki hewan peliharaan tersebut lebih bahagia dan sehat.

Meski memelihara hewan bagi sebagian orang dianggap merepotkan, tetapi ketahuilah bahwa hewan-hewan tersebut memiliki dampak yang baik bagi kesehatan pikiran dan tubuh Anda. Melansir laman womenshealthmag.com, Kamis 25 Agustus 2016, berikut lima manfaat memelihara hewan untuk kesehatan. 

bermain bersama anjing
© 2016 money.id/nbcnewyork.com

1. Meningkatkan suasana hati (mood booster)

Berinteraksi dengan hewan dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini dipicu oleh meningkatnya hormon oksitosin yaitu hormon pemberi rasa senang. Selain itu, dua hormon lain seperti serotonin dan dopamin juga dapat meningkat sehingga memberi rasa aman dan nyaman.

2. Meringankan stres

Bermain dengan hewan peliharaan selama lima menit dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres. Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang sedang merasa stres ketika bermain bersama hewan, stres tersebut langsung berkurang.

3. Tubuh terasa bugar

Mereka yang memiliki peliharaan seperti anjing, biasanya memiliki kegiatan jalan-jalan bersama. Cara tersebut tentunya baik sebagai salah satu alternatif olahraga ringan yang dapat dilakukan sehari-hari. Pemilik hewan peliharaan juga menjadi lebih aktif secara fisik karena terus bermain dengan peliharaannya.

4. Terapi jantung

Hewan juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan menekan darah sistolik, kolesterol plasma, dan trigliserida. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang memelihara anjing, memiliki kemungkinan untuk hidup satu tahun lebih lama daripada yang tidak memeliharanya.

5. Penghilang rasa sakit

Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Hal ini juga didukung oleh hasil studi dari Universitas Loyola, orang-orang yang menggunakan terapi hewan peliharaan setelah pulih dari operasi, mengonsumsi kurang dari setengah dosis obat penghilang rasa sakit daripada mereka yang tidak melakukan terapi tersebut. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section