1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

77 Persen Masyarakat Indonesia Gemar Konsumsi Bumbu Penyedap

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, hanya 6,5 persen masyarakat yang mengkonsumsi sayue dan buah-buahan.

By Azalia Amadea 24 Agustus 2016 18:38
Konferensi pers 'Gerakan Indonesia Sehat' (leminerale)

Money.id - Le Minerale bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengajak masyarakat untuk mengubah pola hidup agar lebih sehat. Kampanye bertemakan 'Gerakan Indonesia Sehat' ini diluncurkan dalam acara yang berlangsung di Veranda Hotel Pakubuwono, Jakarta Selatan.

Dalam kampanye tersebut masyarakat diajak untuk melakukan tiga hal penting yang dirasa dapat meubah pola hidup menjadi lebih sehat. Tiga pilar tersebut terdiri dari move right (bergerak benar), eat right (makan benar) dan drink right (minum benar).

"Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan tiga gerakan tersebut agar kita lebih sehat. Karena sehat itu mahal harganya dan jika kita sehat kita pasti akan hidup bahagia," kata Bahrun Afriasnyah, senior marketing manager Le Minarale yang ditemui Money.id dalam acara peluncuran Kampanye Gerakan Indonesia Sehat di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, 77,3 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi bumbu penyedap dalam makanan mereka sehari-hari. Disusul 53,1 persen masyarakat suka mengonsumsi makanan manis dan 40,7 persen senang makanan berlemak.

Hal ini tidak seimbang dengan perbandingan masyarakat yang mengonsumsi sayur dan buah-buahan hanya 6,5 persen. Selain itu, ditemukan juga sebanyak 26,1 persen masyarakat Indonesia malas bergerak dan warga Jakarta menempati posisi pertama dengan persentase 44,2 persen.

"Menurut fakta yang ada tentunya hal ini mengkhawatirkan bagi kami para dokter yang tergabung dalam IDI. Dan jika berlangsung terus menerus masyarakat Indonesia dapat mengalami berbagai gangguan kesehatan contohnya stroke," menurut Ulul Albab, perwakilan IDI.

Dengan kampanye ini diharapkan masyarakat dapat meubah pola hidup mereka dan mencegah penyakit seperti stroke tersebut. Masyarakat dapat memulainya dengan melakukan move right seperti berjalan-jalan keliling perumahan atau berolahraga ringan di rumah.

Selanjutnya, perlahan masyarakat dapat meubah pola makan dengan rutin mengonsumsi sayur serta buah setiap hari. Ditambah dengan mengganti minuman yang lebih sehat seperti minuman yang mengandung mineral.

Dalam kampanye tersebut turut hadir artis cantik, Sandra Dewi yang sudah menjalankan pola hidup sehat sejak lama. "Sekarang memang sedang trennya pola hidup sehat, saya biasanya ngegym lalu hanya mengonsumsi makanan yang direbus saja, serta selalu minum air putih" tambah wanita berusia 33 tahun tersebut.

Le Minerale dan IDI sebelumnya sudah melakukan rangkaian acara lain seperti talk show kesehatan maupun kegiatan olahraga bersama. Acara-acara tersebut diadakan di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta. Serangkaian acara yang sudah dijalankan sejak Juli 2016 akan ditutup pada puncak acara yang akan diadakan Oktober 2016.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section