1. HOME
  2. FRESH
NEWS

Balogo, Mainan Unik dari Tempurung Kelapa

Ya, permainan klasik ini memang dimainkan dengan dua alat yaitu tempurung kelapa dan tongkat bambu.

By Stella Maris 27 Agustus 2016 17:04
Alat yang digunakan di permainan balogo (Photo365.co-Hasryboyo).

Money.id - Balogo merupakan permainan tradisional warisan leluhur Suku Banjar. Terkait hal itu, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, Mardani H Maming akan memasukkan permainan tersebut dalam agenda tahunan event budaya di Kabupaten Tanbu.

"Pemerintah Tanbu ke depannya akan memasukkan pertandingan tradisional balogo, sebagai salah satu cabang yang dipertandingkan dalam event budaya di wilayah Bumi Bersujud," kata Mardani seperti dikutip laman Apkasi.

Mardani menjelaskan, permainan balogo memiliki khasanah budaya lokal Kalimantan Selatan. Oleh karena itu untuk melestarikannya butuh bantuan semua pihak dari pemerintah dan masyarakat Tanbu, secara keseluruhan.

(Permainan Balogo © 2016 otonomi.co.id/adhigunaword.blogspot.com)

Dia juga meminta Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) agar merumuskan teknis pelaksanaan termasuk anggaran guna mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. 

Cara main balogo
Balogo artinya tempurung kelapa. Ya, permainan klasik ini memang dimainkan dengan dua alat yaitu tempurung kelapa dan tongkat bambu. Tempurung kelapa dibentuk...

Selengkapnya baca di sini! (poy)

BACA JUGA

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section