1. HOME
  2. FRESH
TIPS SEHAT

Hey Ladies, Ini 7 Cara Agar Menopause Sehat

Menopause adalah fenomena di mana siklus menstruasi wanita berhenti.

By Abdul Kharis 27 Agustus 2016 15:04
Ilustrasi wanita yang sudah mengalami menopause (inspiringwoman)

Money.id - Semua wanita berusia di atas 45 tahun pada saatnya akan mengalami menopause. Menopause adalah fenomena di mana siklus menstruasi wanita berhenti.

Melansir dari boldsky.com, Sabtu, 27 Agustus 2016, menopause disebabkan oleh berbagai perubahan hormonal di dalam tubuh.

Menopause muncul dengan membawa gejala yang tidak diinginkan seperti rasa panas di bagian tubuh tertentu, pertumbuhan rambut tubuh yang tidak diinginkan, kehilangan gairah seks, perubahan suasana hati, masalah berat badan, dan hilangnya kesuburan.

Untuk para wanita muda, ada banyak tips diet dan olahraga yang harus dilakukan jika ingin memiliki menopause yang sehat di kemudian hari.

Berikut adalah tujuh cara agar para wanita muda merasakan menopause sehat di usia separuh baya.

1. Usahakan tubuh selalu fit

Selalu latihan yang tepat secara rutin sejak masa remaja akan membantu menjaga hormon tetap teratur dan juga membuat tetap bugar. Hal ini akan membuat para wanita dapat memiliki menopause yang sehat di hari tua.

2. Hindari diet yang fluktuatif

Memiliki pola makan yang sehat itu penting. Tapi jika pola diet para wanita muda tidak terkontrol, bisa mengalami fluktuasi berat badan yang mempengaruhi menopause nantinya.

3. Hindari stres

Tips untuk menopause sehat dapat dilakukan dengan menghindari stres sejak muda. Stres dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam hormon, yang menyebabkan menopause yang tidak sehat.

4. Hindari karbohidrat

Roti atau nasi adalah karbohidrat yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan jika ladies ingin menopause yang sehat. Makanan tersebut dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh dan memperburuk gejala menopause.

5. Hindari banyak duduk

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang memiliki pekerjaan yang mengharuskannya duduk berjam-jam akan mengalami gejala negatif selama menopause.

6. Hindari dehidrasi

Tips untuk menopause yang sehat meliputi minum cukup air putih setiap hari. Dehidrasi dapat membuat ketidakseimbangan dalam hormon dan menciptakan jalan bagi menopause yang tidak sehat.

7. Jangan kekurangan serat

Mengkonsumsi makanan kaya serat dapat membantu menopause di hari tua. Hal ini akan mencegah gejala menopause seperti vagina kering, infeksi saluran kemih, dan sebagainya.

baca juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section