1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Pentingnya Minum Segelas Air Putih di Pagi Hari

Berikut alasan tepat kenapa air putih harus menjadi minuman pertama yang Anda konsumsi di pagi hari.

By Azalia Amadea 4 September 2016 08:15
Minuman air putih (happyweek.gr)

Money.id - Apa hal pertama yang Anda lakukan setelah bangun tidur di pagi hari? Jika Anda seperti kebanyakan penduduk lainnya di dunia yang ketika bangun pagi langsung meminum secangkir kopi, maka perlahan tinggalkanlah kebiasaan tersebut.

Melansir laman stylecraze.com, Minggu 4 Sepetember 2016, berikut alasan tepat kenapa air putih harus menjadi minuman pertama yang Anda konsumsi di pagi hari.

1. Mencegah tubuh dehidrasi

Pada saat bangun pagi, tubuh mengalami dehidrasi karena tidak makan atau minum selama 6-8 jam. Maka dari itu, tubuh membutuhkan air putih untuk mengembalikan cairan yang hilang ketika tidur.

Sedangkan, jika Anda meminum teh atau kopi bukannya meminum air putih, kandungan zat deuretik yang terkandung di dalam kedanya dapat memperparah keadaan dehidrasi tubuh di pagi hari.

2. Mencegah tingkat keasaman dalam tubuh

Apapun yang memiliki pH di bawah 7 dianggap asam, dan nilai pH teh adalah 6 sedangkan nilai pH kopi adalah 5, jadi keduanya bersifat asam. Ketika Anda minum kopi atau teh saat perut kosong, lambung menghasilkan sejumlah HCl atau asam klorida.

Jika asam klorida diproduksi melebih jumlah yang diperlukan dalam tubuh, cairan lambung ini akan pindah ke bagian bawah kerongkongan, yang mempengaruhi lapisan dalamnya. Kondisi ini menyebabkan keasaman lambung meningkat.

3. Menyembuhkan masalah pencernaan

Asam klorida berperan utama dalam mendukung sistem pencernaan tubuh dan biasanya dilepaskan ketika Anda makan atau minum sesuatu. Sedangkan, ketika Anda minum kopi atau teh, Anda akan meningkatkan produksi asam klorida dan setelah beberapa waktu, tubuh akan kelebihan zat tersebut.

Hal ini menimbulkan beberapa masalah seperti kembung, radang usus, dan kanker usus besar. Dengan demikian, Anda harus minum segelas air putih sebelum minum kopi atau teh. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section