1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Akibatnya jika Sering Menahan Buang Air Kecil

Berikut akibat yang ditimbulkan jika sering menahan buang air kecil.

By Azalia Amadea 27 Agustus 2016 08:10
Ilustrasi menahan buang air kecil (huffingtonpost.com)

Money.id - Keinginan untuk buang air kecil terkadang diabaikan oleh sebagian orang ketika berada di kondisi tertentu yang tak memungkinkan untuk ke toilet. Hal ini memang wajar dilakukan namun jika keseringan maka akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Apalagi jika Anda adalah seorang wanita yang sering menahan buang air kecil karena merasa tidak nyaman menggunakan toilet umum. Melansir laman stylecraze.com, Sabtu 27 Agustus 2016, berikut akibat yang ditimbulkan jika sering menahan buang air kecil.

1. Batu ginjal

Ketika menahan membuang air kecil, maka menyebabkan mineral dan racun mengendap lalu mengkristal yang akhirnya membentuk batu, hal ini yang disebut batu ginjal. Jika ukuran batunya kecil maka tidak akan menimbulkan rasa sakit. Beda hal jika ukuran batunya membesar, maka akan menghalangi aliran air kecil dan menyebabkan rasa sakit yang parah.

2. Melemahkan otot kandung kemih

Menahan buang air kecil dapat melemahkan otot-otot pada kandung kemih. Akibatnya akan terjadi retensi urine, sehingga sistem kandungan kemih tidak dapat benar-benar kosong. Orang Indonesia biasa menyebutnya ‘anyang-anyangan’. Kemudian anyang-anyangan dapat menyebabkan Interstitial Cystitis, di mana dinding kandung kemih meradang.

3. Infeksi saluran kemih

ISK atau infeksi saluran kemih adalah efek samping umum yang disebabkan sering menahan buang air kecil. Ketika urine tetap berada di kandung kemih untuk jangka waktu yang panjang, bakteri dalam jumlah besar akan terbentuk di kandung kemih yang bisa menyebabkan infeksi di saluran kemih, kandung kemih, dan ginjal.

Normalnya manusia buang air kecil dalam sehari adalah delapan hingga sepuluh kali. Hal ini tentunya berbeda-beda tergantung jumlah air yang masuk ke dalam tubuh. Namun apapun alasannya menahan buang air kecil adalah hal buruk dan dapat mengganggu kesehatan. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section