1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Penderita Asma, Hindari 8 Konsumi Makanan Ini!

Selain makanan yang mengandung MSG, Anda juga harus menghindari...

By Rizki Astuti 3 September 2016 09:23
Ilustrasi Asma (www3.imperial.ac.uk)

Money.id - Ketika saluran pernapasan menyempit karena ada lendir atau sekresi yang menyumbat, Anda akan mengalami sesak napas, dan bisa menderita asma. 

Bila tak segera diatasi, asma bisa memunculkan kondisi yang mengancam kehidupan dan dapat mengakibatkan mati lemas. Itu sebabnya seseorang yang menderita asma harus tahu pemicu yang menyebabkan masalah pernapasan.

Beberapa makanan juga memicu kondisi tersebut, seperti dikutip laman Boldsky, Sabtu 3 September 2016:

1. Produk dari Hewan
Lebih aman menghindari semua produk hewani, termasuk daging dan susu. Bahkan telur, produk turunan susu, ikan, daging babi, dan sapi bisa bertindak sebagai pemicu asma.

2. Asinan
Asinan atau acar tertentu mengandung sulfida yang bisa mempengaruhi kondisi pernapasan. Jadi lebih baik menghindari asinan atau acar jika Anda menderita asma.

3. MSG
Sangat penting mengurangi konsumsi sodium, termasuk kandungan monosodium yang terdapat pada bumbu penyedap masakan MSG. Sodium dikenal bisa menyebabkan masalah pernapasan.

4. Buah Kering
Senyawa tertentu yang ada dalam buah-buahan kering bisa memperburuk kondisi asma. Bahkan Anda yang menderita asma sebaiknya tidak mengkonsumsi aprikot, cranberry dan nanas.

5. Minuman Ringan
Bahan tertentu dalam minuman ringan bisa menyebabkan masalah pernapasan bagi para penderita asma.

6. Minyak
Hindari menggunakan minyak nabati untuk memasak. Bahkan minyak bunga matahari dan minyak jagung dapat menyebabkan peradangan dan memicu masalah asma.

7. Kentang Goreng
Bahkan kentang goreng mengandung sulfida yang bisa bertindak sebagai pemicu asma. Tinggalkan kentang goreng jika Anda menderita asma.

8. Alkohol
Hindari semua jenis alkohol karena dapat memperburuk kondisi asma Anda. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section