1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Catat! Bukan Kalori yang Membuat Anda Gemuk, Tapi...

Anda harus makan berbagai jenis makanan, termasuk keju.

By Rizki Astuti 24 April 2016 13:35
Makanan Berkalori (nutritious-food.com)

Money.id - Seorang profesor Inggris mengatakan bahwa mengurangi kalori bukanlah jawaban untuk menurunkan berat badan. Melainkan melakukannya dengan 'membudidayakan' bakteri baik di dalam usus.

Perut manusia mengandung sekitar 1,8 kilogram bakteri. Beberapa bakteri berguna membantu pencernaan sementara yang lain beracun.

Dilansir dalam laman Food and Wine, Profesor Tim Spector dari King College London percaya untuk mendapatkan berat badan yang sehat dan umur panjang haurs meningkatkan proliferasi dari berbagai jenis bakteri baik.

Namun bagaimana kita bisa menghasilkan meja bakteri yang menguntungkan? Jawabannya, sama dengan Spector, yaitu makanlah berbagai jenis makanan.

Dalam bukunya, The Diet Myth: The Real Science Behind What We Eat, Spector menjelaskan teorinya dengan membandingkan usus manusia dengan taman.

"Anda bisa membayangkan kumpulan bakteri sebagai kebun yang harus dijaga dan dipelihara. Anda harus memastikan tanah (usus Anda) di mana tanaman (bakteri), tumbuh sehat dan memiliki banyak nutrisi; serta bisa menghentikan gulma atau tanaman pengganggu (racun atau bakteri pembawa penyakit) yang bisa mengambil alih tanah yang dibutuhkan untuk menumbuhkan berbagai tanaman," jelas Spector.

Dengan kata lain, Anda harus makan berbagai jenis makanan, termasuk keju. Menurut Spector, keju yang tidak dipasteurisasi adalah salah satu bahan makanan terbaik untuk menghasilkan bakteri baik.

Anggur dan cokelat juga bagus untuk usus. Karena keduanya kaya akan polifenol yang merupakan makanan favorit mikroba.

Meski diet ala Spector terlihat bebas, namun ada satu yang tidak boleh dilakukan yaitu, mengkonsumsi junk food (makanan cepat saji).

Junk food mengandung banyak gula dan lemak yang merupakan musuh utama bakteri baik. Gula dan lemak itu akan membunuh bakteri baik dan membiarkan bakteri jahat tetap hidup.

Spector membuktikan sendiri setelah melakukan eksperimen terhadap putranya sendiri, Tom. Setelah membelikan Tom McDonalds selama 10 hari berturut-turut, Spector menemukan kondisi yang mengejutkan.

"Kumpulan bakteri baik di usus Tom hancur - sebanyak 1.400 jenis bakteri baik, yang menguasai 40 persen ususnya."

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section