1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Rahasia Kelezatan Makanan Panggang Jepang

Kishu Binchotan merupakan arang putih terbaik dunia yang terbuat dari pohon ek ubame.

By Azalia Amadea 23 April 2016 10:50
Ilustrasi proses memanggang (Foto: gojokc.com)

Money.id - Wakayama adalah daerah yang jarang penduduknya. Tepatnya di wilayah Kansai, Jepang. Wakayama terkenal dengan buah plum dan jeruk mandarinnya. Namun yang banyak tidak diketahui tentang daerah itu adalah arangnya yang merupakan arang terbaik di dunia.

Arang dengan nama Kishu Binchotan merupakan arang putih yang terbuat dari pohon ek ubame. Kishu Binchotan dianggap sebagai bahan bakar terbaik di dunia untuk memasak hidangan panggang, terutama makanan Jepang seperti yakitori (sate ayam) dan unagi (belut bakar).

Seperti dikutip laman BBC, Sabtu 23 April 2016, koki di seluruh dunia mengakui bahwa arang putih dari Wakayama memberi rasa pada daging dan makanan laut yang tidak bisa diperoleh jika menggunakan arang lainnya.

Ketika ditanya mengapa menggunakan Kishu Binchotan daripada arang lainnya, seorang koki di Wakayama mengungkapkan alasannya.

Arang putih, katanya, memanggang pada suhu yang lebih rendah, tidak melepaskan asap atau bau ke dalam daging. Dan yang paling luar biasa, ia mengklaim, Kishu Binchotan memancarkan gelombang inframerah  --sesuatu yang terdengar terlalu mengada-ada.

Salah satu kota di Wakayama yang merupakan penghasil utama Kishu Binchotan adalah Minabe. Di wilayah ini memang terdapat hutan pohon ek ubame yang menjadi bahan dasar pembuatan Kishu Binchotan.

Popularitas Kishu Binchotan tidak hanya sebagai bahan bakar terbaik untuk memanggang, namun baru-baru ini juga ditemukan sebagai obat kesehatan, alat rumah tangga dan campuran pembuatan kosmetik. Diyakini bisa meningkatkan kadar serotonin di otak.

Namun seorang pembuat arang di Minabe, Mitsuo Okazaki, arang putih tersebut diperkirakan mampu menyerap bahan kimia berbahaya lebih baik daripada arang lainnya hingga telah meningkatkan permintaan yang sulit dipenuhi. Masalahnya, para pembuat arang hanya mengandalkan pohon ek ubame asli yang jumlahnya terbatas.

Sekarang ini Kishu Binchotan telah menjadi bahan aktif dalam banyak kosmetik, sampo dan pasta gigi. Tidak hanya itu, arang putih yang belum terbakar dimasukkan ke dalam lemari dan lemari es untuk meningkatkan kualitas udara dan menyerap bau. Dan, yang paling meragukan, Kishu Binchotan juga dianggap sebagai mood-enhancer. Okazaki mengatakan Kishu Binchotan paling baik jika dipakai untuk memanggang ikan, daging sapi atau daging kambing.

Okazaki ingin generasi muda tetap mempertahankan tradisi pembuatan arang Kishu Binchotan yang telah berusia ratusan tahun, namun dengan cara yang lebih modern. Masalahnya, pembuatan Kishu Binchotan masih tradisional dan terlalu rumit.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section