1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

CFC, Restoran Ayam Cepat Saji Pertama Milik Indonesia

California Fried Chicken (CFC) restoran ayam cepat saji pertama bergaya Amerika milik Indonesia.

By Azalia Amadea 19 April 2016 13:08
Ilustrasi restoran CFC (Foto: zomato.com)

Money.id - Jika Amerika Serikat memiliki restoran ayam cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC), maka Indonesia juga memilikinya. California Fried Chicken (CFC) adalah restoran ayam cepat saji milik Indonesia.

CFC sudah didirikan sejak 1983 di Jakarta oleh PT Pioneerindo Gourmet International Tbk. Awalnya brand CFC masih dimiliki oleh Amerika Pioneer Take Out namun sejak 1989 brand tersebut sepenuhnya milik Indonesia.

Perusahaan melepaskan diri dari usaha terwaralaba menjadi pemegang waralaba penuh yang memproduksi dan memasarkan brand produk sendiri yaitu California Fried Chicken (CFC).

Melansir dari berbagai laman Selasa 19 April 2016, CFC memasok ayamnya dari Sierad Grup yang juga merupakan pemasok ayam bagi restoran ayam cepat saji lainnya seperti Wendys dan KFC di Indonesia.

CFC juga memperkuat perusahaannya dengan membentuk usaha franchise dan juga memiliki anak perusahaan lain yaitu Putra Asia Perdana Indah serta PT Mitra hero Pioneerindo. Perusahaan tersebut juga membuka restoran baru yaitu Sapo Oriental dan Cal Donut di Jakarta, serta memperkerjakan 1.400 karyawan.

CFC menjadi restoran ayam cepat saji bergaya Amerika yang populer di Indonesia. Bahkan pada April 1994, PT Pioneerindo Gourmet International Tbk tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta.

CFC memiliki produk utama yaitu ayam goreng tepung yang garing dan gurih. Namun, jika ditelaah lebih lanjut berdasarkan slogan, CFC "Bukan Cuma Ayam", memang benar restoran tersebut tidak hanya menjual ayam goreng.

CFC juga menyajikan menu lainnya seperti California Burger, Nasi Chicken Pepper, Spaghetti Ayam, Bubur Ayam, Zuppa Soup, Spaghetti Goreng, dan Nasi Goreng. Harga makanan yang ditawarkan CFC masih sangat terjangkau sekitar Rp16 ribu-Rp30 ribu.

Logo

Logo CFC sekilas memang mirip dengan logo KFC. Dengan menggunakan warna dasar yang sama yaitu merah serta pada tulisan CFC diberi warna putih. Logo juga dilengkapi dengan fitur kartun tua wagon dengan warna putih dan biru di-latarbelakangi oleh warna kuning melingkar.

Logo dan warna restoran memang didominasi warna merah karena warna merah dipercaya dapat menggugah selera makan orang. Tercatat pada Juni 2011 CFC sudah memiliki 215 cabang restoran yang tersebar di seluruh Indonesia.

Laporan keuangan

Dalam dalam situs cfcindonesia.com disebutkan bahwa pendapatan usaha CFC pada 2014 menurun 3,6 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2013 pendapatan usaha CFC mencapai Rp390,6 miliar sedangkan pada 2014 menurun menjadi Rp376,6 miliar.

CFC juga mengalami penurunan jumlah pelanggan hingga 9,4 persen. Berkaca dari masalah tersebut CFC masih melakukan pembaruan gerai-gerai secara interior dan eksterior sebagai salah satu strategi yang terus dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section