1. HOME
  2. SHOW-BIZ
SELEBRITI

Hina Lambang Negara, Zaskia Gotik Terancam 5 Tahun Penjara

Peristiwa bermula ketika Zaskia Gotik ditantang presenter Deni Cagur untuk adu pengetahuan umum. Namun, ia menjawab asal-asalan.

By Dwifantya Aquina 17 Maret 2016 12:52
Zaskia Gotik (Kapanlagi/Bambang)

Money.id - Penyanyi dangdut Zaskia Gotik baru-baru ini tengah menjadi bulan-bulanan para pengguna media sosial atau netizen. Ini lantaran Zaskia dianggap telah menghina Pancasila saat menyebut Hari Proklamasi dan lambang negara saat tampil di sebuah acara televisi.

Netizen yang beranggapan candaan Zaskia sama sekali tak lucu itu pun langsung bereaksi keras dan mengecam aksi dari mantan kekasih Vicky Prasetyo itu. Bahkan, candaan Zaskia ternyata nantinya bisa berbuntut ke ranah hukum.

Pasalnya, larangan untuk menghina negara dan lambangnya telah diatur dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Zaskia juga terancam dipenjara karena candaannya itu.

"Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara," bunyi Pasal 57 a jo Pasal 68.

Bahkan ancama hukuman pasal tersebut bisa dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp500 juta.

Sementara itu, Zaskia sudah membuka suaranya terkait kontroversi ini. Sahabat dekat Julia Perez itu mengaku keceplosan dan hanya bercanda saat menyebut lambang negara sebagai "Bebek Nungging" dan Hari Proklamasi jatuh pada 32 Agustus.

Kronologi

Peristiwa bermula ketika Zaskia Gotik diundang hadir di program musik di sebuah stasiun televisi swasta bersama Trio Cecepy (Julia Perez dan Ayu Ting Ting).

Pada salah satu segmen yang bertajuk ‘Cerdas Cermat’, trio wanita bertubuh seksi itu ditantang presenter Deni Cagur untuk adu kecerdasan.

Berbagai pertanyaan-pertanyaan dasar dan umum dilontarkan. Diantaranya, tanggal berapa Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pertanyaan itu dijawab benar oleh Ayu Ting Ting dan Julia Perez (17 Agustus 1945). Namun penyanyi dangdut Zaskia Gotik malah memberikan jawaban nyeleneh. “Setelah adzan subuh tanggal 32 Agustus,” sebutnya dengan ekspresi wajah tak bersalah sambil berharap hal itu bisa memancing tawa penonton.

Yang paling parah terjadi pada pertanyaan berikutnya. Saat Deni cagur bertanya tentang lambang sila ke-5 dari Pancasila, Ayu Ting Ting dan Julia Perez menjawab benar (Padi dan Kapas). Tapi Zaskia Gotik menjawab ngawur ‘Bebek Nungging’.

Kontan saja candaan kelewat batas dari penyanyi dangdut yang ngetop berkat goyang itiknya itu membuatnya kelabakan di kemudian hari. Karena, sejumlah Ormas dikabarkan akan melaporkan Zaskia Gotik karena dianggap telah menghina lambang dalam Pancasila.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section