1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS PROPERTI

Christian Sugiono Berbagi Tips Bisnis Properti

Bisnis tersebut sudah dimulai sejak 2007. Modalnya besar.

By Rizki Astuti 22 Januari 2016 11:10
Christian Sugiono (Instagram)

Money.id - Selain menjadi publik figur, Christian Sugiono juga menjadi pebisnis. Selain menjadi bos bisnis online, Malesbanget.com, dia juga memiliki bisnis properti.

Saat berbincang dengan Money.id, pria yang akrab disapa Tian itu mengatakan bisnis propertinya sudah dimulai sejak 2007. Nah dalam menjalankan bisnis tersebut, dia punya trik yang menguntungkannya.

"Sistemnya sih jual beli. Misalnya saya beli tanah satu meter Rp250 ribu, terus ditahan beberapa tahun, harganya naik," ujar Tian, Jumat 21 Januari 2016.

Ilmu berbisnis tersebut diakui Tian didapatkan dari saudaranya yang lebih dulu menjalankan bisnis properti. Lalu sedikit demi sedikit, dia mulai mengumpulkan uang untuk berbisnis.

"Modal awal sih kira-kira Rp2 miliar. Kan kebetulan saya punya tabungan dari hasil syuting, daripada saya tabung lama-lama depositnya habis saya putar uangnya untuk bisnis," kata suami Titi Kamal itu.

Mengaku modal yang dikeluarkannya dalam jumlah besar, pemeran film Catatan Akhir Sekolah itu sangat berhati-hati mengelola keuangan. Risiko di kemudian hari, kata dia, harus dipikir matang.

"Emang sih, pasti bisnis itu pikirin yang bagus-bagusnya dulu tapi harus tahu risikonya. Misalnya bisnis properti, tanah mau dibangun tapi suratnya ke dobel. Nah ini salah satu risikonya karena harus bayar dobel untuk lawyernya di pengadilan," tutup dia. (els/ita)

 

 

 

(sm/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section