1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

3 SUV Anyar di 2016, Pilih Mana?

Sangat menarik melihat persaingan sengit yang bakal kembali terjadi di segmen SUV tahun ini.

By Adhi 11 Januari 2016 19:10
Mitsubishi Pajero Sport 2016 (carcoops.com)

Money.id - Memasuki awal tahun 2016, sejumlah pabrikan otomotif ternama belomba-lomba menghadirkan produk teranyar mereka. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh konsumen adalah penyegaran di segmen SUV (Sport Utility Vehicle).

Menurut data Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Januari-November 2015 lalu, penjualan seluruh model SUV mencapai 118.746 unit. Sebuah angka penjualan yang cukup masif dan menunjukkan tren pertumbuhan positif dari tahun ke tahunnya.

Secara persentase, penjualan SUV pada Januari-November 2015 naik 2,58 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Berdasarkan data tersebut, tentunya sangat menarik melihat persaingan sengit yang bakal kembali terjadi di segmen SUV tahun ini.

Menurut informasi yang beredar hingga saat ini, setidaknya akan ada 3 model SUV anyar yang segera mengaspal di Indonesia. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya:

1. Toyota Fortuner

(carcoops.com)

Toyota hampir dipastikan akan meluncurkan Fortuner teranyar pada 22 Januari 2016 ini. Sebelumnya, Desember 2015 lalu penampakan SUV anyar ini muncul di dunia maya.

Pada brosur yang beredar di dunia maya, diketahui bahwa SUV ini bakal hadir dalam lima tipe. Tipe VRZ dan SRZ menjadi model tertinggi dan menggantikan TRD. Sementara tipe G LUX (bensin 4x2) dan V (bensin 4x4) didiskontinu.

Terdapat beberapa perubahan dibanding model lama. Di atas kertas, tenaga pada mesin Diesel mengalami peningkatan dari 142 Tk menjadi 147 Tk. Pun demikian dengan mesin bensinnya, yang tenaganya naik 2,9 Tk.

Sejauh ini belum ada informasi soal bocoran harga, namun desas-desunya Fortuner baru menembus angka Rp 500 jutaan.

2. Pajero Sport

(carcoops.com)

Sambut 2016, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia secara resmi telah memastikan pada gelaran GIIAS 2015 bahwa mereka akan segera meliris Pajero Sport.

Menurut informasi yang beredar di dunia maya interior Pajero Sport 2016 dibekali fitur infotainment berbasis layar LCD, multi-function steering wheel, dan pendingin udara dual zone. Di sektor eksterior pun nampak Pajero Sport anyar tampil lebih garang dan memiliki kesan lebih "langsing" dibanding generasi pendahulunya.

Namun sayang, hingga kini belum banyak informasi yang beredar terkait dapur pacu yang bakal diusung oleh Pajero Sport 2016. Begitu juga dengan waktu pasti peluncuran dan harganya. Yang pasti, generasi terdahulu dari Pajero Sport dibanderol kisaran Rp 410 hingga 540 jutaan.

3. Mazda CX-3

(mazda.id)

Yang satu ini adalah varian anyar di Indonesia. Setelah sukes dengan seri CX-5 di tanah air, Mazda dilaporkan akan segera mluncurkan seri CX-3 di Indonesia. Di Jepang, CX-3 adalah salah satu SUV terlaris. Dirilis pada Maret 2015 lalu, CX-3 terjual sebanyak 10 ribu unit lebih di Jepang.

Jika jadi diluncurkan, maka Indonesia akan menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang menjual mobil ini. Sebelumnya, telah ada Malaysia dan Thailand yang menjualnya terlebih dulu pada akhir tahun lalu.

Menurut yang dilansir Bangkokpost, CX-3 sangat irit. Mesin bensinnya bisa melaju hingga 16,5 kilometer per liter. Sedangkan untuk varian Diesel sanggup mencapai 23,2 kilometer per satu liter solar.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section