1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Polisi Buru Tersangka yang Masukkan Sianida ke Kopi Mirna

Kasus ini semakin menemukan titik terang, bahwa ada pembunuhan berencana di baliknya.

By Dwifantya Aquina 18 Januari 2016 08:25
Wayan Mirna Salihin (Facebook)

Money.id - Polisi telah memastikan bahwa Wayan Mirna Salihin meninggal karena meminum sianida yang terkandung dalam es kopi Vietnam yang diminumnya. Pihak kepolisian kini tengah memburu pelaku yang sengaja memasukkan sianida ke kopi Mirna.

"Zat beracun yang diduga masuk ke dalam tubuh korban. Saat ini sudah dipastikan bahwa zat ini kandungannya sianida. Jadi, kami bisa langsung menelusuri dari mana, yang akan calon tersangka, atau yang menjadi terduga tersangka," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal, Senin 18 Januari 2016.

Iqbal mengatakan, ada unsur kesengajaan dari pelaku yang memasukkan racun sianida sebanyak 15 gram ke dalam kopi yang diminum Mirna di Kafe Olivier, West Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Namun, Iqbal enggan menyebutkan siapa calon tersangka yang tengah dibidik.

"Ya, memang ada unsur perbuatan jahat. Sampai saat ini belum ada (tersangka). Penyidik sedang bekerja, nanti akan disampaikan ya," kata dia.

Sebelumnya, Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri memastikan adanya kandungan sianida dalam kopi yang diminum Mirna.

"Isi lambungnya juga positif mengandung sianida. Jadi memang (kematian) diduga akibat sianida," ujar Kapuslabfor Polri Brigjen (Pol) Alexander Mandalika.

Baca: Polisi Temukan Racun Sianida di Kopi Mirna

Dari sampel kopi yang diteliti, konsentrasi kandungan sianida sebanyak 15 gram. Padahal, 90 miligram sianida saja sudah bisa membunuh satu orang.

Beberapa waktu lalu, pihak kepolisian telah memeriksa rumah salah satu saksi dan teman dekat Mirna, yaitu Jessica Kusuma Wongso, pada Selasa 12 Januari lalu. "Kami geledah karena yang bersangkutan ada di TKP dan memesan kopi," ujar Krishna.

Khrisna juga menambahkan, ia menggeledah rumah Jessica karena pemesan kopi Mirna adalah Jessica. Selain itu, Jessica juga menunggu korban. Saat melakukan penggeledahan, pihak kepolisian juga sempat melakukan penyitaan sejumlah barang.

"Faktanya pemesannya (kopi) Jessica," kata dia.

Krishna menekankan, tidak ingin menduga-duga terkait meninggalnya Mirna. Meskipun secara fakta, Mirna meninggal setelah meminum kopi di sebuah kafe.

Wayan Mirna Salimin alias Mirna meninggal dunia usai meminum kopi Es Vietnamens di Kafe Olivier, West Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu 6 Januari 2016.

Awalnya teman korban, Siska, tiba lebih awal dibanding Mirna dan seorang rekan lainnya Hani di gerai tersebut pada pukul 16.09 WIB. Siska memesan minuman Cocktail dan Fashioned Sazerac untuk dirinya dan Hani, sedangkan Mirna dipesankan Es Vietnam Kopi.

Selanjutnya, Mirna dan Hani datang ke lokasi sekitar pukul 17.00 WIB.

Setelah menyeruput minuman Es Vietnam Kopi, korban kejang-kejang. Korban sempat dibawa ke klinik di pusat perbelanjaan terkenal tersebut lalu dirujuk ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

Mirna meninggal dunia usai mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut.

 

 

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section