1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Perkenalkan Sophia, Robot Wanita Pertama dengan Ekspresi Wajah

Beberapa ekspresi wajah yang mampu ditunjukkan Sophia mulai dari terkejut, murung, kecewa hingga tersenyum.

By Rizki Astuti 25 Maret 2016 15:45
Robot Sophia (Sooperboy.com)

Money.id - Belum lama ini Hanson Robotics memamerkan Sophia, sebuah robot yang dibuat menyerupai manusia dan bisa mengubah ekspresi wajahnya, di ajang SXSW Interactive.

Dalam kesempatan tersebut, wartawan diberi kesempatan untuk 'mewawancarai' Sophia untuk menguji respons verbal dan ekspresi wajah robot wanita pertama di dunia itu.

Melansir dari Ubergizmo, Hanson Robotics mengklaim Sophia memiliki 62 ekspresi wajah berbeda untuk merespons manusia. Beberapa ekspresi wajah yang mampu ditunjukkan Sophia mulai dari terkejut, murung, kecewa hingga tersenyum.

Robot Sophia (Sooperboy.com)


Agar respons Sophia terlihat natural, ia dibekali kamera canggih di matanya untuk melacak ekspresi dan gerakan mata manusia yang dia ajak bicara.

Wajah Sophia terbuat dari bahan karet yang dipatenkan yang disebut 'frubber'. Bahan ini bisa meniru elastisitas kulit manusia sehingga Sophia bisa menunjukkan ekspresinya.

Kendati demikian, Sophia tetap memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi. Cara berbicaranya hampir datar seperti ketika orang mengajak bicara asisten digital Cortana atau Siri.

Meskipun bisa merespons pertanyaan dengan baik, namun kadang jawaban Sophia terlalu faktual, seolah-olah membacakan sebuah ensiklopedia.

Hal ini menunjukkan ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan Hanson Robotics sebelum robot seperti Sophia menjadi hal umum di tengah kehidupan manusia. (poy)

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section