1. HOME
  2. NEWS
KULINER

Makan di Restoran China, Ups, Ada Biaya Udara Bersih

Beberapa konsumen marah-marah karena diminta membayar fee pembersih udara. Jumlahnya...

By Ita Malau 15 Desember 2015 14:17
Ilustrasi restoran (Pixabay)

Money.id - China tengah didera bencana asap akibat polusi. Gara-gara itu, beberapa restoran di sana sampai meminta fee "pembersih udara" kepada setiap konsumen yang makan.

Dikutip dari laman BBC, 14 Desember 2015, biayanya sih tidak mahal. Hanya 1 yuan atau sekitar Rp2.100. Tapi, konsumen tetap keberatan dan marah-marah.

Restoran ini terletak di kota Zhangjiagang, provinsi Jiangsu. Menurut kantor berita Xinhua, kota inipun tak luput dari bencana asap dengan visibilitas kurang dari 100 meter.

Para pemilik restoran pun terpaksa memasang alat untuk membersihkan udara di dalam rumah makan mereka. Tanpa peringatan sebelumnya, beberapa pemilik kemudian membebankan biaya udara bersih itu ke konsumen yang makan di restoran mereka.

Pemerintah setempat sampai turun tangan meredakan kemarahan konsumen dan menyelesaikan masalah fee udara bersih itu. Pemerintah meminta pemilik restoran menghentikan pungutan fee udara bersih itu karena ilegal.

Seorang pejabat setempat menyebut, udara bersih bukanlah "menu" pilihan untuk makan, sehingga tidak bisa dijual sebagai komoditas.

Anehnya, ide membayar fee untuk udara bersih itu disambut positif oleh beberapa netizen di media sosial China, Sina Weibo.

"Sata setuju dengan fee itu!" tulis salah satu netizen. Yang lain mengaku tak masalah membayar lebih untuk udara yang lebih bersih.

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section