1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Kiprah Panser Anoa Buatan Indonesia di Dunia Militer Internasional

Panser tersebut pernah dikirim untuk misi perdamaian di Lebanon.

By Rohimat Nurbaya 27 November 2015 08:37
Panser Anoa (Foto: pindad.com)

Money.id - Kiprah PT Pindad sebagai produsen Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) milik Indonesia patut diacungi jempol. Hasil produksinya sudah diakui di dunia internasional, salah satunya Panser Anoa.

Anoa sendiri diambil dari nama satwa khas Sulawesi Tengah. Debut kendaraan pengangkut pasukan tersebut pada 9 April 2010. Saat itu 13 panser buatan anak bangsa tersebut dikirim untuk misi perdamaian Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di Lebanon.

Panser Anoa/Foto: pindad.com

Kemudian pada 15 November 2011, Panser Anoa 6x6 yang dilengkapi senapan mesin berat 7.62 mm, digunakan untuk patroli dan penjagaan KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali. Panser ini juga dipakai Paspampres untuk pengawalan kunjungan-kunjungan presiden.

Tampil gahar di dua acara berkelas internasional itu akhirnya Brunei Darussalam, Malaysia dan Oman melirik Panser Anoa untuk dijadikan perlengkapan militer mereka. Pada April 2012 Malaysia memesan 32 unit sekaligus. Tetapi di negeri Jiran namanya diganti jadi Rimau.

Fitur Anoa

Dikutip pindad.com, Panser Anoa terdiri dari lima jenis yakni, Anoa 6x6 RCWS, Anoa 6x6 Recovery, Anoa 6x6 APC, Anoa 6x6 Ambulance, dan Anoa 6x6 Logistic.

Semua tipe Anoa 6x6 dilengkapi dengan peralatan standar Winch 6 ton, Pioneer Set, Pemadam Kebakaran, Penyejuk Udara atau AC, Toolkit Pengemudi, Lampu-Peta, Jaring Kamuflase, Hydraulic Rear Rampdoor System, Smoke Grenade Dischargers caliber 66 milimeter.

Panser Anoa/Foto: pindad.com

Selain itu dilengkapi dengan sistem komunikasi AM, FM Radio dan Intercom Set 2x12V-100 Amp baterai , GPS, NVG, Add -on Keramik lapis baja Armament ; RCWS-Cal 7,62 / 12,7 mm Remote Control Weapon System). Senjata di bagian belakang Senapan Mesin Ringan 7,62 mm.

Panser tersebut dijejali dengan mesin Diesel Turbo Charger Inter Cooler yang sudah memenuhi standar EURO-3, 6 Cylinders Inline 320 Horse Power 2.300 rpm dan Water Cooling.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section