1. HOME
  2. NEWS
CHINA

Kisah Cinta Sejati, Kakek Rawat Istri yang Lumpuh Selama 56 Tahun

Istrinya lumpuh ketika baru 5 bulan menikah. Mereka menikahpun dengan bantuan mak comblang.

By Ita Malau 26 November 2015 12:46
Du Yuanfa (84) dan istrinya, Zhou Yuai (iqilu.com)

Money.id - Saat menikah, pasangan biasanya bersumpah untuk saling menyayangi, dalam suka maupun duka. Kaya maupun papa. Dan, dalam sehat maupun sakit.

Di tengah meningkatnya tren perceraian, pasangan kakek dan nenek ini membuktikan bahwa janji pernikahan itu bukan untuk main-main. Kisah Du Yuanfa (84) dan istrinya,  Zhou Yuai sudah menyentuh hati banyak orang.

Dikutip dari laman Dramafever, 25 November 2015, pasangan ini tinggal di Linyi city, provinsi Shandong, China. "Dia istri saya. Kalau bukan saya, siapa lagi yang merawat dia," kaya Du Yuanfa.

Du Yuanfa berusia 28 tahun saat menikahi  Zhou pada November 1958. Kala itu, Zhou baru menginjak usia 19 tahun.

Du belum pernah bertemu istrinya sebelum pernikahan. Ya, mereka menikah dengan bantuan mak comblang. Dia hanya diberitahu bahwa istrinya adalah orang baik, jujur, dan tulus.

Du pun cuti 6 hari dari tambang batubara, tempatnya bekerja. Selama menikahpun, dia hanya bisa pulang sesekali karena jadwal pekerjaan yang begitu padat.

Musibah datang di usia pernikahan mereka menginjak 5 bulan. Du buru-buru pulang karena istrinya sakit keras. Rupanya, Zhou terserang artritis reumatoid yang juga mengganggu jantung dan ginjalnya.

Zhou bahkan tak bisa berjalan sendiri ke kamar mandi. Menggunakan gerobak, Du mendorong istrinya ke rumah sakit. Nihil. Kondisi Zhou malah bertambah parah dan lumpuh.

Dokter menyatakan bahwa Zhou tidak akan sembuh dan lumpuh selamanya. Zhou juga tidak bisa lagi punya anak.

Bisikan cerai

Kerabat dan teman Du menyarankan agar dia menceraikan saja istrinya yang belum genap setahun dia nikahi itu. Dia menolak.

Dengan tekad bulat, dia berhenti dari pekerjaannya agar bisa punya waktu penuh merawat istrinya. Du berjanji, dia akan merawat sang istri, sampai ajal memisahkan.

Selain banting tulang bekerja, Du rajin menggedong istrinya keluar saat musim panas untuk udara segar dan sinar matahari. Du juga tidak pernah hilang harapan bahwa istrinya akan sembuh.

Foto: Du menyuapi istrinya yang lumpuh. Dia juga mencuci dan memasak untuk sang istri/iqilu.com)

Du juga rela naik turun gunung untuk menemukan herbal yang kata orang bisa menyembuhkan sang istri. Setelah diolah, obat itu dia coba lebih dulu, sebelum diberikan kepada istrinya. Siapa tahu beracun.

Waktu berjalan. Tak terasa, pasangan ini sudah melewati 56 tahun kebersamaan.

Saat ditanya apa harapannya, Du menjawab: "Saya hanya ingin istri saya bicara lebih jelas. Beberapa tahun belakangan, dia hanya bisa bergumam. Saya tidak mengerti apa yang dia gumamkan," kata dia sambil tersenyum pada istrinya.

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section