1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Hari Ini 5 Juta Buruh Ancam Mogok, Ini Lokasi Aksinya

Antara lain, di depan Istana Negara, Gedung MPR/DPR, kantor Gubernur DKI, dan juga di jalan tol.

By Dwifantya Aquina 24 November 2015 06:03
Aksi Buruh di Bundaran HI Jakarta (kabarburuh.com)

Money.id - Lima juta buruh akan melakukan aksi mogok nasional besok, Selasa 24 November hingga 27 November 2015. Rencana aksi tersebut akan diikuti para buruh dari 22 Provinsi, 200 Kabupaten/Kota.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, aksi mogok nasional itu akan mereka gelar di sejumlah titik di Jakarta. Antara lain, di depan Istana Negara, Gedung MPR/DPR, kantor Gubernur DKI, dan juga di jalan tol.

Sejumlah buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Upah (KAU) menyebut bahwa aksi mogok tersebut dilaksanakan buruh untuk meminta Presiden Joko Widodo mencabut Peraturan Pemerintah (PP) No.78 tahun 2015 yang mengatur kenaikan upah berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Peraturan yang masuk dalam paket kebijakan ekonomi jilid kelima, dinilai sejumlah pimpinan serikat buruh, menghilangkan peran Dewan Pengupahan dalam perumusan kenaikan upah.

"Ini dapat membuat buruh terus berada dalam kemiskinan," kata Said Iqbal.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos. Menurutnya perumusan PP No.78 tahun 2015 tidak melibatkan serikat buruh.

"Ini bagian dari politik upah murah yang dilakukan Jokowi," kata Nining.

Pada tuntutannya selain meminta presiden mencabut PP No. 78 tahun 2015, Komite Aksi Upah juga meminta kenaikan upah sebesar Rp500 ribu setiap tahun.

Menurut Said, 22 provinsi yang akan secara serentak menggelar aksi mogok nasional ini diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur, Aceh, Sumater Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Papua.

"Terutama di wilayah-wilayah industri," kata dia.

Said mencontohkan, untuk wilayah DKI Jakarta, aksi mogok nasional akan terkonsentrasi di wilayah Pulo Gadung, Sunter, Tanjung Priok, Cakung-Cilincing, Ancol dan lain-lain. Di wilayah Bogor antara lain Cileungsi, Citereup, Sukabumi, sepanjang Jalan Raya Bogor dan Depok.

"Di Bekasi akan dikonsentrasikan pada tujuh kawasan industri yang akan di sana, seperti Cibitung dan Cikarang. Di Jawa Timur seperti di Moro, Krungkut, PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang). Di Sumatera Utara seperti kawasan industri medan. Di Jawa Tengah yaitu di Kawasan Industri Candi," kata dia.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section