1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Gunung Bromo Keluarkan Asap, BNPB: Masih Aman Untuk Wisata Lebaran

Justru adanya erupsi kecil menjadikan wisata yang menarik untuk mesyarakat memahami gunung api.

By Arry Anggadha 29 Juni 2016 14:37
Gunung Bromo (dok. BNPB)

Money.id - Akivitas vulkanik Gunung Bromo masih cukup tinggi. Asap tebal putih kelabu kecoklatan masih terlihat membumbung tinggi keluar dari kawah gunung yang berada di kawasan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur itu.

"Saat ini statusnya masih waspada, dan diperkirakan masih akan berlangsung lama," kata Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan singkatnya.

Meski demikian, pihak pengelola Gunung Bromo masih belum menutup kawasan itu. Para wisatawan masih diizinkan untuk mendatangi Gunung Bromo, terutama saat liburan lebaran nanti.

"Masyarakat tidak perlu takut atau khawatir dengan kondisi aktivitas vulkanik Gunung Bromo saat ini. Justru adanya erupsi kecil menjadikan wisata yang menarik untuk mesyarakat memahami gunung api," kata Sutopo.

Meski mengizinkan masyarakat untuk datang, Sutopo mengingatkan agar wisatawan tidak terlalu dekat ke kawah Bromo. "Dalam status waspada, masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif," tutup Sutopo.

Sutopo pun menegaskan, sampai saat ini kondisi asap Bromo belum mengganggu aktivitas penerbangan di wilayah tersebut. "Semua penerbangan masih normal," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan Gunung Bromo dari Pos Pengamatan PVMBG pada Rabu (29/6/2016) pukul 08.00 WIB, terpantau tinggi asap berkisar 200-1000 meter. Asap mengarah ke barat hingga selatan.

Baca Juga:

(aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section