1. HOME
    2. NEWS
PILKADA SERENTAK 2017

Mengenal 3 Bakal Calon Orang Nomor Satu di Jakarta

By Rohimat Nurbaya 24 September 2016 08:08
Penantang Ahok-Djarot

Agus Harimurti-Sylviana

Agus Harimurti Yudhoyono
Alias : Agus Harimurti
Tempat Lahir : Bandung
Tanggal Lahir : 10 Agustus 1978
Profesi : Anggota TNI
Istri : Annisa Pohan
Anak : Almira Tunggadewi Yudhoyono

Sylviana Murni
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : 11 Oktober 1958
Profesi : Birokrat
Suami : H. Gde Sardjana, Dipl. Ing, SE, MM
Anak : Shandy Aditya , Monica Andalusia

Pilkada DKI 2017 dianggap sebagai tolak ukur Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, sehingga seluruh parpol benar-benar selektif memilih bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusungnya. Pada Pilkada DKI 2017 ini, publik dikagetkan dengan langkah yang dilakukan Partai Demokrat besutan Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono atau akrab disapa SBY.

Partai berlambang bintang bersinar tiga tersebut mengusung pasangan bakal calon Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni. Demokrat mencalonkan pasangannya satu hari jelang penutupan pendaftaran Pilgub DKI.

Agus Harimurti Yudhoyono merupakan anak sulung dari SBY. Demi menjadi bakal calon gubernur DKI Jakarta, dia rela melepaskan kariernya sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Jabatan terakhirnya Mayor Infanteri TNI.

Pria kelahiran Bandung, 10 Agustus 1978 semasa kecil lebih banyak menghabiskan hidup di Bandung, Timor Timur, dan Jakarta. Pasalnya, saat itu ayahnya yang masih aktif jadi tentara selalu berpindah-pindah tugas. Hingga akhrinya pada 1990 dia tinggal di Amerika Serikat. Kala itu, Agus mengikuti penugasan ayahnya sebagai siswa Seskoad di Fort Leavenworth.

Di Amerika Serikat, Agus pernah mendapatkan penghargaan dari sekolahnya dalam bidang akademik. Selepas lulus dari SMPN 5 Bandung, Agus pun masuk SMA Taruna Nusantara Magelang pada 1994. Selama di sekolah dia aktif di berbagai organisasi.

Agus lulus dari Taruna Nusantara pada 1997. Kemudian pada 2000 masuk Akademi Militer. Lalu pada 2006 Agus kemudian mengambil gelar Master di bidang Strategic Studies di Institute of Defence and Strategic Studies, Nanyang Technological University (NTU), Singapura.

Pada Mei 2010, Agus meraih gelar Master of Public Administration pada John F. Kennedy School of Government, Harvard University, Massachusetts AS.

Pada Maret 2012, saat jabatannya masih Kapten Infanteri Agus Harimurti Yudhoyono, sempat meraih tiga penghargaan, yaitu Distinguish International Honour Graduated, Medali The Order of Saint Maurice , dan The Commandants List dari sekolah militer Angkatan Darat di Fort Benning, Georgia, Amerika Serikat (AS).

Sylviana Murni

Sementara itu, Sylviana Murni pasangan Agus di Pilkada DKI Jakarta merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta golongan Eselon I. Dia termasuk pejabat tinggi di Ibu Kota, namun memilih berhenti jadi PNS dan mendampingi Agus di pilkada DKI kali ini.

Saat menjadi pejabat di DKI Jakarta, Sylviana Murni tercatat menduduki posisi strategis antara lain, Walikota Jakarta Pusat pada periode 2008-2010, Plt Walikota Jakarta Barat, pada 2013, Asisten Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta pada 2013. Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemprov DKI Jakarta, 2013-2014.

Kemudian terakhir menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, 2015-2016. Wanita kelahiran 11 Oktober 1958 itu, sepertinya tahu betul tetang seluk beluk DKI Jakarta, pasalnya wanita asli Betawi ini sempat mencicipi juga jadi none Jakarta pada 1981. Dia salah satu remaja terpilih saat itu.

Selain oleh Partai Demokrat, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, didukung oleh  beberapa partai Islam, seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanan Nasional (PAN). 

Di DPRD DKI Jakarta pasangan Agus - Sylviana ini didukung Partai Demokrat 10 kursi, PPP 10 kursi,  PKB 6 kursi, PAN 2 kursi. Total 26 kursi. Pada pemilihan legislatif DKI Jakarta 2014 lalu, Partai Demokrat mendapat 360.929 suara,  PPP 452.224 suara, PKB 260.159 suara dan 172.784 suara.
  

Halaman Selanjutnya...Anies Baswedan-Sandiaga Uno

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section