1. HOME
    2. NEWS
BISNIS MUSIK

Wow, Pemerintah RI Punya Studio Rekaman Tua Tempat 'Harta Karun' Musik

Studio rekaman tersebut jadi bukti sejarah. Lagu kebangsaan Malaysia pun versi aslinya ada di studio rekaman tersebut.

By Rohimat Nurbaya 22 September 2016 13:20
Studio Lokananta (Surakarta.go.id)

Money.id - Ternyata pemerintah Republik Indonesia memiliki studio rekaman tertua yang kini masih ada. Studio bernama Lokananta itu lokasinya ada di Surakarta, Jawa Tengah. Perusahaan rekaman piringan hitam pertama milik Pemerintah RI itu berdiri pada 29 Oktober 1956. Namun bangunannya sudah ada sejak 1809.

Dikutip dari laman Surakarta.go.id, Lokananta menurut bahasa sansekerta adalah nama gamelan para dewa di kahyangan yang berbunyi sendiri.

Perusahaan rekaman Lokananta telah menghasilkan sejumlah rekaman berupa master rekaman yang merupakan koleksi dari berbagai lagu daerah yang jumlah pastinya masih harus dihitung dengan teliti. Tetapi diperkirakan hampir ada 40 ribu kaset, vinyl dari berbagai genre.

Karya cipta musik Lokananta ini terdiri dari bermacam genre atau katagori lagu antara lain lagu daerah, lagu kroncong hingga lagu pop Indonesia. Koleksi Lokananta terdiri antara lain Gamelan Jawa, Bali, Sunda, dan musik daerah lainnya.

Rekaman gending karawitan gubahan dalang kesohor Ki Narto Sabdo, dan karawitan Jawa Surakarta dan Yogya merupakan sebagian dari koleksi yang ada di Lokananta.

Selain itu, tersimpan juga master lagu berisi lagu-lagu dari keroncong pen¬yanyi legendaris seperti Gesang, Waljinah, Titiek Puspa, Bing Slamet, dan Sam Saimun. Ada pula rekaman suara pidato Bung Karno pada 17 Agustus 1945. 

 

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section