1. HOME
  2. NEWS
FOTO VIRAL

Wow, Museum Ini Sediakan Toilet Seharga Rp22,3 Miliar

Apa kelebihannya?

By Rohimat Nurbaya 23 September 2016 18:08
Toilet Emas (Mashable)

Money.id - Sebuah pameran digelar di Museum Solomon R Guggenheim Museum, New York, Amerika Serikat. Dalam pameran bertajuk 'Amerika' itu seorang seniman dari Italia bernama Maurizio Cattelan membuat kejutan yang 'nyeleneh'. Di lantai empat musem itu dia membuat toilet berlapis emas 18 karat.

Dikutip dari laman Mashable, toilet itu senilai US$1 juta (setara Rp13,1 miliar) dan US$1,7 juta (setara Rp22,3 miliar). Toilet itu, dihubungkan dengan sistem saluran pipa tua museum tersebut. Meski sangat mewah dan harganya miliaran rupiah, toilet ini bebas digunakan umum.

Toilet Emas (Mashable)

Untuk bisa menggunakan toilet berlapis emas 18 karat tersebut cukup membayar biaya masuk museum sebesar US$15 atau setara Rp197 ribu. Setelah membayar biaya itu, pengunjung langsung bisa menggunakan toilet emas tersebut.

Meski demikian, setelah menggunakan toilet itu pengunjung harus segera membersihkannya. Sebab, toilet tersebut dijaga oleh keamanan selama 24 jam. Toilet dilapisi logam mulia itu harus dibersihkan menggunakan tisu khusus yang tidak berbahan kimia. (poy)

 

 

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section