1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Deretan Logo Termahal di Dunia

Beberapa perusahaan bersedia menghabiskan banyak uang supaya memiliki logo menarik serta mudah diingat.

By Rohimat Nurbaya 3 November 2015 09:00
Logo ANZ (Foto: glenfieldcommunitycentre.co.nz)

Money.id - Desain logo dianggap satu hal sakral, sebab membawa citra dan identitas sebuah perusahaan. Selain itu, logo juga kerap jadi alat kampanye untuk memasarkan produk.

Pentingnya logo sudah disadari pemilik perusahaan. Kini logo jadi sebuah industri, sebagian orang juga menganggap bahwa logo sebuah adalah sebuah bentuk seni.

Perusahaan bersedia menghabiskan banyak uang supaya memiliki logo menarik serta mudah diingat. Beberapa perusahaan besar berani membayar mahal untuk sebuah logo.

Dikutip dari anerdsworld.com, berikut lima logo perusahaan di dunia berharga sangat mahal. Bahkan harganya bisa mencapai miliaran dolar Amerika.

1. ANZ

Pada awal 2009, raksasa perbankan Australian and New Zealand Banking Group (ANZ) mulai mengganti citra perusahaan. Kemudian pada 2010, ANZ berusaha untuk mengganti logo. Pembuatannya membutuhkan waktu lama, sebab baru bisa selesai pada 2012. Biaya dikeluarkan untuk pembuatan logo tersebut menelan biaya hingga US$15 juta.

2. Posten Norge

Posten Norge adalah sebuah perusahaan penyedia layanan pos di Norwegia. Pada 2008, perusahaan tersebut melakukan rebranding perusahaan. Biaya dikeluarkan untuk memperbaharui citra perusahaan itu tidak sedikit, pembuatan logo saja menelan biaya US$55 juta.

3. Accenture

Perusahaan ini adalah penyedia layanan teknologi multinasional, konsultan manajemen, dan perusahaan outsourcing. Pada 2000, perusahaan ini putus kontrak dengan Andersen Consulting, sehingga mereka mengganti nama menjadi Accenture. Total biaya rebranding perusahaan tersebut mencapai US$100 juta.

4. British Petroleum

Pada pertengahan 2000 British Petroleum melakukan rebranding perusahaan secara besar-besaran. Mereka ganti nama menjadi BP, sebutan itu diambil dari tagline Beyond Petroleum.

Tujuan penggantian nama itu untuk mencitrakan perusahaan itu peduli lingkungan, serta selalu mencari sumber energi hijau berkelanjutan. Dengan rebranding tersebut diharapkan bisa memberi kesan kepada publik bahwa perusahaan itu sangat peduli terhadap lingkungan.

Mereka juga mengganti logo yang sudah mereka gunakan selama 70 tahun dengan logo baru. Total biaya rebranding tersebut mencapai $211 juta.

5. Symantec

Symantec Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam perangkat lunak. Perusahaan ini didirikan pada 1982. Bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini beroperasi lebih dari 40 negara.

Symantec mengeluarkan biaya lebih dari satu miliar dollar untuk desain ulang logo dan rebranding, biaya tersebut adalah biaya paling mahal. Dulu perusahaan tersebut termasuk kelas atas namun sekarang sudah mulai merosot. (dwq)

Suka Informasi Ini? KlikĀ Like Ini

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section