1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Bisnis Bulu Mata Asli Purbalingga, Aldo Akira Untung Puluhan Juta

Bulu mata palsu buatan Indonesia dikenal sangat bagus, bahkan sudah diimpor ke luar negeri.

By Rohimat Nurbaya 19 Oktober 2015 16:27
Bulu mata palsu yang dijual Elya Hasnida (Foto: Money.id)

Money.id - Bisnis kecantikan memang sangat menggiurkan. Perputaran uang dari usaha tersebut terbilang cepat, jangka waktu tiga bulan saja sudah balik modal.

Make Up Artist, Aldo Akira, memulai bisnis bulu mata palsu pada 2013 dengan modal awal usaha sekitar Rp70 juta. Dalam satu kali produksi, ada 10.000 pasang bulu mata palsu yang dibuat secara handmade.

Semula Aldo menggunakan bulu mata hanya sebagai bagian dari perlengkapan kecantikan yang wajib dimiliki oleh para perias wajah. Namun, sekitar tahun 2012 ia menangkap peluang bisnis dari bulu mata palsu.

"Saya sudah cinta dengan bulu mata sejak lama, lalu ada investor menawarkan untuk usaha bulu mata palsu ini. Tahun 2012 kita mulai produksi, saya pilih model bulu mata yang akan diproduksi, lalu Maret 2013 kita luncurkan dengan merek Aldo Akira Eyelashes," ujar Aldo kepada Money.id, Senin 19 Oktober 2015.

Aldo memproduksi bulu mata palsu miliknya di daerah Purbalingga, Jawa Tengah. Ia bangga dengan produksi dalam negeri, yang menurutnya, tidak kalah dari buatan luar negeri.

"Indonesia adalah produsen bulu mata terbaik di dunia. Produk bulu mata palsu Indonesia itu paling bagus dan harganya terjangkau, lebih murah. Brand luar negeri saja produksinya di indonesia, mereka buat di sini, dijual ke luar negeri, lalu dijual lagi ke Indonesia dengan harga berkali lipat," terangnya.

Menurut Aldo, bulu mata yang diproduksi di Indonesia banyak dipasarkan hingga ke Paris, Singapura, Amerika Serikat, dan Dubai. Ia pun tak segan mencantumkan 'made in Indonesia' di packaging karena bangga.

"Orang asing sudah tahu produk bulu mata di Indonesia itu lebih bagus, tahan lama dan kuat, bisa dipakai sampai 6 kali," tuturnya.

MUA Aldo Akira (Istimewa)

Aldo yang disibukkan dengan banyak kegiatan merias wajah, mulai dari kalangan biasa hingga selebriti papan atas ini kemudian merangkul sang adik, Elya Hasnida dalam bisnisnya. Elya bertindak sebagai penanggung jawab pemasaran dan keuangan bisnis bulu mata ini. 

Kepada Money.id, Elya mengatakan bahwa modalnya balik hanya dalam hitungan 3-4 bulan setelah produksi. "Omzet dari produksi pertama. Cukup cepat," kata Elya.

Menurutnya, industri bulu mata palsu saat ini semakin mewabah di semua kalangan, terutama orang-orang yang berkecimpung di dunia hiburan.

Online

Saat ini bulu mata palsu Aldo Akira Eyelashes masih dipasarkan secara online melalui Instagram dan beberapa situs jual beli online. Dia juga menjual bulu mata palsu itu pada beberapa reseller.

"Tapi kami selektif memilih reseller mau jual produk ini. Kami paling banyak ambil online shop yang hanya jual perlengkapan makeup," terang Elya.

Hingga kini ada 10 item bulu mata palsu yang dijual Aldo Akira. Model bulu mata yang beraneka ragam itu diberi nama perempuan-perempuan cantik. Yakni Gaga, Kimmy, Monroe, Sally, Sarah, Dolly, Alice, Yoona, Nicky, Sofie.

Ia menjualnya dengan harga Rp20 ribu per pasang. Sedangkan untuk reseller dijual dengan harga Rp15 ribu minimal pembelian lima pasang.

"Ke depannya kita juga ingin punya toko sendiri yang khusus menjual bulu mata," ujar Elya. (dwq)

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section