1. HOME
  2. NEWS
NEWS

10 Negara Paling Banyak Korupsi di Dunia (2)

Pemimpin otoriter dan negara tertutup jadi salah satu terjadinya tindak korupsi tersebut.

By Rohimat Nurbaya 2 November 2015 13:00
Ilustrasi penegakan hukum (Foto: Pixaba/succo)

Money.id - Korupsi tidak pernah lepas dari dinamika sebuah negara. Tindakan tersebut lebih banyak terjadi di beberapa negara terlibat konflik.

Selain itu, pemimpin otoriter jadi penyebab terjadinya hal tersebut.

(Baca Juga: 10 Negara Paling Banyak Korupsi Bagian I)

Dikutip dari Cheatsheet, berikut daftar 10 negara paling korup dunia pada 2015:

5. Sudan Selatan

Foto: Cheatsheet

Negara tersebut menganut sistem pemerintahan Republik. Sudan Selatan merupakan salah satu negara termuda di dunia. Mereka memproklamirkan kemerdekaan pada 2011.

Sudan Selatan mengalami konflik berkepanjangan dengan negara induk mereka, Sudan. Perseteruan antara dua negara tersebut telah menewaskan sekitar 2,5 juta orang.

Saat ini Sudan Selatan telah berdiri sebagai negara republik independen. Negara itu kini terbagi jadi 10 negara bagian.

Sudan Selatan belum memiliki struktur pemerintahan jelas, sehingga banyak dimanfaatkan politisi untuk korupsi.

Pendapatan negara ini berasal dari ekspor minyak. Tetapi masalahnya perusahaan minyak internasional mengambil keuntungan dari lemahnya struktur pemerintah dan aturan di negara itu. Akhirnya hanya memperkaya beberapa pihak pengusaha saja.

4. Afganistan

Foto: Cheatsheet

Negara ini menganut sistem pemerintahan Republik Islam. Afganistan adalah negara luar biasa. Mereka berada dalam situasi konflik dalam jangka waktu lama.

Afganistan telah kehilangan kendali atas rakyatnya. Pemerintah tidak memiliki kekuatan supaya membuat keadaan lebih stabil setelah dikuasai pemimpin suku seperti Taliban dan Al-Qaeda.

Heroin adalah salah satu produksi besar dari Afganistan, dan bisnis ini sangat menguntungkan bagi sebagian pihak.

Aliran bantuan internasional tidak banyak menolong ekonomi negara ini. CIA telah menandai Afganistan tidak aman, pemerintahan lemah, insfrastruktur minim dan kriminalitas tinggi.

3. Sudan

Foto: Cheatsheet

Negara ini menganut sistem pemerintahan Republik Federasi. Salah satu negara di Afrika Selatan yang tidak bosan dengan perang di Afrika adalah Sudan.

Konflik bertahun-tahun antar etnik menghancurkan sistem keamanan dan kemampuan dalam menangani ekonomi. Akibatnya, penderitaan bagi warga negara. Sudan kini terbagi jadi Sudan dan Sudan Selatan.

National Congress Party memimpin negara ini sejak 1989, tetapi tidak mampu menyelesaikan masalah negara.

Menurut bank dunia, saat ini 64,5 persen penduduk Sudan berada dalam bawah garis kemiskinan. Jika Sudan ingin keluar dari masalah korupsi, konflik dan kekerasan harus dihentikan.

2. Korea Utara

Negara ini menganut sistem pemerintahan diktator. Korea Utara merupakan negara paling tertutup di dunia. Tidak banyak diketahui tentang negara ini.

Pemerintah Korea Utara merupakan salah satu paling korup di dunia. Praktik itu secara efektif dijalankan puluhan tahun oleh keluarga Kim, yakni Kim Jong Sun, Kim Jong Il dan saat ini Kim Jung Un.

Pemerintah Korea Utara masih mendapatkan bantuan dari Cina, namun negara ini masih bermasalah dalam produksi minyak dan makanan untuk warga mereka.

Kekuatan militer merupakan hal terpenting di negara tersebut, sehingga rakyat tetap berada di bawah kendali. Biaya untuk militer pun paling tinggi di negara ini.

Masalah utama Korea Utara muncul setelah Uni Soviet jatuh, Sepertinya negara tersebut tidak akan mengalami banyak perbuahan dan akan tetap dalam situasi negara terkorup.

1. Somalia

Foto: Cheatsheet

Sistem pemerintahan di negara ini tidak jelas. Somalia bisa disebut negara paling tidak stabil di dunia. Negara ini terkenal sejak insiden BlackHawk jatuh di Mogadishu.

Negara ini juga terkenal sebagi pembajak kapal kargo yang melewati teluk Aden dan Samudera Hindia. Hidup di Somalia sangat sulit. Kebanyakan orang hidup dari bertani atau nelayan. Tapi rakyat di sana tidak didukung sarana dan prasarana.

Pemerintah di sana tidak ingin orang luar mengetahui bagaimana sebenarnya gambaran yang terjadi dengan negara ini.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section