1. HOME
  2. NEWS
NEWS

BNPB: Curah Hujan Tinggi, Pemudik Waspada Longsor di Jalur Mudik

Sepanjang jalur pantai utara diprediksikan akan terjadi banjir rob. Sedangkan di daerah Nagrek...

By Dian Rosalina 1 Juli 2016 09:02
Ilustrasi mudik lebaran

Money.id - Mengingat intensitas curah hujan yang tinggi akibat fenomena La Nina, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengimbau agar para pemudik mewaspadai titik-titik rawan bencana seperti longsor dan banjir di sepanjang jalur mudik.

Menurut data yang disampaikan oleh Sutopo prediksi curah hujan di bulan Juni, dibandingkan bulan sebelumnya, masih cukup menengah ke tinggi khususnya pulau Jawa, Sulawesi, dan Maluku.

"Sepanjang jalur pantai utara diprediksikan akan terjadi banjir rob. Sedangkan di daerah Nagrek, Jawa Barat, diperkirakan akan rawan longsor karena banyak perbukitan. Selain itu di daerah lainnya di Jawa Barat seperti Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Singaparna, Ciamis, Sumedang, Majalengka, dan Bandung juga diprediksikan rawan longsor," ujar Sutopo.

Tidak hanya daerah di Jawa Barat saja yang berpotensi besar terjadinya longsor. Beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur pun tidak luput dari ancaman hujan lebat disertai longsor.

Seperti Banjarnegara, Purbalingga Wonosobo, Purworejo, Purwokerto dan Karanganyar untuk titik longsor di Jawa Tengah. Sementara di Jawa Timur titik longsor berada di wilayah Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, dan Malang.

Sutopo menjelaskan untuk longsor yang berada di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur akan lebih berbahaya daripada yang ada di Jawa Barat sebab material yang dibawa pun bukan hanya tanah, namun disertai dengan bebatuan besar dari gunung dan bukit.

Oleh karena itulah, untuk menanggulangi bencana longsor yang tidak bisa diprediksi tersebut, BNPD telah mendirikan posko-posko penanggulangan bencana di beberapa titik tersebut dan menyiapkan berbagai alat berat.

Sementara itu, bagi para pemudik yang menggunakan kapal laut, BNPB memperkirakan gelombang pasang dan rob masih cukup kecil. Namun masih perlu diwaspadai.

"Gelombang pasang dan rob sangat kecil tapi masih perlu diwasapadai di daerah selatan jawa. Gelombang diperkirakan akan setinggi 3-4 meter. Namun cukup tinggi di laut Banda. Bagi para wisatawan yang akan berwisata di pantai selatan Jawa, tetap harus waspada dan selalu ikuti saran petugas lapangan," ujar dia. (dwq)

(da/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section