1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Misteri Wanita dan Anak di Balik Logo Sido Muncul

Pada 1950-an foto pendiri jadi logo perusahaan sedang tren. Sido Muncul mengikuti trend tersebut.

By Rohimat Nurbaya 23 Oktober 2015 18:15
Logo Sido Muncul (Foto: Bloomberg/Facebook/sidomuncul.com)

Money.id - Sido Muncul merupakan produsen jamu terbesar di Indonesia. Awalanya, perusahaan itu didirikan Nyonya Rahmat Sulistyo pada 1930-an di Yogyakarta. Proses produksi hanya dibantu tiga orang karyawan, saat itu belum diberi nama.

Pada 1951, keluarga Nyonya Rahmat pindah ke Semarang, mereka mendirikan pabrik jamu sederhana. Perusahan sederhana itu dinamai Sido Muncul, artinya 'impian yang terwujud'. Lokasi pabrik di Jalan Mlaten Trenggulun, Semarang.

Layaknya perusahaan digarap profesional, produk Sido Muncul memakai logo pada kemasan. Gambarnya, seorang wanita menggendong anak kecil dipadu dengan alat pembuat jamu tradisional.

Ada yang menarik di balik logo Sido Muncul. Ada sosok wanita bersama anaknya.

Siapa dia? Ya, gambar pada logo itu adalah Nyonya Rahmat Sulistyo bersama cucu kesayangannya bernama Irwan Hidayat. Saat ini Irwan merupakan Direktur PT Sido Muncul, dia sebagai generasi ketiga penerus perusahaan jamu tersebut.

(BACA JUGA: Mengintip Kesuksesan Generasi Ketiga Sido Muncul)

Ada kisah menarik di balik pemasangan foto itu. Awalnya Nyonya Rahmat hendak memasang foto dirinya dengan sang suami. Namun dia merasa foto itu justru aneh. 

Akhirnya Nyonya Rahmat memilih foto berdua dengan Irwan, cucu yang paling disayanginya itu, sebagai pendamping dalam foto di logo Sido Muncul. Dan hingga saat ini, foto Nyonya Rahmat bersama cucunya itu tak pernah berubah. 

Irwan kecil dikenal sebagai bocah kesayangan neneknya itu. Bahkan dia baru bisa berhenti menangis ketika ditimang nenek. Dia merupakan anak pertama dari lima bersaudara. Irwan kecil dikenal paling dekat dengan Nyonya Rahmat Sulistyo dibanding empat adiknya.

Pada 1950-an foto pendiri jadi logo perusahaan sedang tren. Beberapa perusahaan jamu lain seperti jamu Nyonya Item, Nyonya Kembar, hingga Nyonya Meneer menggunakan logo hampir mirip. Semua menggunakan foto pendiri perusahaan.

Kini Sido Muncul berkembang jadi perusahaan jamu besar. Mereka memiliki 150 item produk jamu baik bermerek maupun generik. Beberapa produk andalan Sido Muncul antara lain, Tolak Angin, Kuku Bima, Kunyit Asem, Jamu Komplit, Jamu Instan, STMJ dan Anak Sehat.

(Berbagai Sumber)

 

 

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section