1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Ima Habsyi, Henna Artist Cantik Bertarif Jutaan Rupiah

Hampir 10 tahun berkarier, Ima sudah memiliki berbagai investasi, mulai dari apartemen beserta isinya, mobil, tanah hingga emas.

By Dwifantya Aquina 28 Desember 2015 16:11
Ima Habsyi, henna artist Indonesia yang sudah go international (Instagram)

Money.id - Siang itu matahari cukup terik. Pusat pertokoan di daerah Cilandak, Jakarta Selatan, penuh sesak dengan orang-orang yang menghabiskan liburan long weekend.

Di salah satu restoran duduk seorang perempuan berhijab bertubuh mungil. Hidungnya bangir, matanya bulat.

Ia adalah Rizky Fatimahtuzzahra, yang akrab disapa Ima Habsyi. Perempuan berusia 24 tahun bukan model, apalagi selebriti. Ia berprofesi sebagai henna artist atau seniman henna.

"Awal mula aku jadi henna artist sebenarnya by accident," ujar gadis keturunan Arab itu mengawali perbincangan dengan Money.id, Sabtu 26 Desember 2015.

Ima bercerita, saat itu ia masih berusia 14 tahun dan duduk di kelas 3 SMP. Suatu hari, ada seorang teman sekolah yang meminta bantuannya untuk membuatkan henna di hari pernikahan kakaknya. Sebab, saat itu henna artist yang seharusnya datang tiba-tiba membatalkan lantaran sakit.

Ima yang dimintai tolong akhirnya tak bisa menolak. Alih-alih ingin membantu teman, ia pun nekat memberanikan diri untuk datang dan membuatkan henna sang calon pengantin. Saat itu ia tak menerima bayaran sepeser pun.

"Basic aku sebenarnya melukis. Karena belum pernah sama sekali tahu henna itu seperti apa, jadi aku nalarnya yang ada di sekelilingku saja, ada motif daster mamanya waktu itu, jadilah aku gambar ke tangan pengantinnya. Setelah dari situ, Alhamdulillah jadi ladang rezeki banget buat aku," kata perempuan keturunan Arab-Portugal ini.

Tak disangka, banyak yang memuji hasil karyanya. Hingga akhirnya ia berpikir untuk menekuni profesi sebagai henna artist.

Apalagi saat ia mengunggah hasil karya henna-nya ke media sosial, saat itu masih era Friendster. Lagi-lagi Ima dibuat heran, karena sejak saat itu ia mulai kebanjiran order. "Banyak yang kaget, dan sempat ragu gitu, pas datang kok anak kecil sih, hehehe," ucapnya.

Keseriusan Ima ini kemudian mendapat dukungan dari orangtuanya. Ia pun mulai mencari bahan henna di berbagai toko, seperti di Pasar Baru dan Tanah Abang. Namun, rupanya ia belum menemukan kualitas bahan yang baik.

Selama 1-2 tahun ia terus mencoba beberapa bahan henna, trial error itu dilakukan semata-mata demi kepuasan kliennya. Hingga akhirnya Ima menemukan supplier bahan henna dari India, yang sampai sekarang dipakainya.

"Karena henna kan bukan cuma gambar, tapi harus konsistensi dengan bahan yang dipakai, karena kulit yang sensitif bisa menimbulkan alergi yang cacatnya bisa permanen. Kita juga nggak tahu ya klien punya riwayat penyakit apa. Jadi aku benar-benar concern banget mencari bahan henna yang tepat selama bertahun-tahun. Akhirnya setelah menemukan bahan yang pas, lalu mempelajari teorinya, baru mulailah pasang tarif sekitar tahun 2007," tutur putri pasangan Muhammad Umar dan Salma ini.

Tarif Jutaan

Di awal kariernya, Ima mendapat penghasilan Rp3 juta sampai Rp5 jutaan dalam sebulan. Saat duduk di bangku SMA, ia mengaku sudah bisa membeli sepeda motor, handphone terbaru dan menghidupi dirinya sendiri.

Jika dulu dalam seminggu ia hanya menangani dua klien, kini jadwal Ima sudah padat hingga akhir Desember 2016. Otomatis, tarifnya pun naik. Untuk menggunakan jasanya, Ima mematok harga mulai dari Rp600 ribu hingga Rp6 jutaan. Semua itu tergantung desain, semakin rumit maka akan semakin mahal.

"Yang paling mahal, harga Rp6 juta itu biasanya yang paling rumit, yaitu India. Henna di tangan harus lima jari di atas sikut, bolak-balik. Untuk kaki, lima jari di bawah lutut. Itu memang ciri khas henna pengantin India," jelasnya.

Apalagi Ima selalu menggunakan desain ekslusif bagi para kliennya. "Sebenarnya seni itu buat aku tak ternilai, apalagi aku kan bikin henna bukan dari katalog. Selalu eksklusif, setiap orang tidak pernah sama satu pun. Jadi kalau ada klien minta gambarku yang lain, sorry aku sudah nggak bisa bikin lagi yang itu. Mau dibikin yang kayak itu pun aku sedikit ubah. Kalau ada yang punya budget cuma segini, aku pun terima, nanti aku sesuaikan," kata pengoleksi boneka Barbie ini.

Pengguna jasanya pun bukan hanya dari dalam negeri, sejumlah klien dari luar negeri seperti, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, China hingga Nepal, sudah pernah ia tangani.

"Untuk panggilan ke luar kota dan luar negeri itu minimal payment Rp4 juta. Klien yang menanggung transportasi dan akomodasi selama di sana," terangnya.

Apa saja investasi Ima dari penghasilannya sebagai henna artist?

"Ada apartemen beserta isinya, mobil, tanah di beberapa daerah, emas, dan beberapa ditabung," ungkapnya.

Selama hampir 10 tahun menggeluti profesi henna artist, sejumlah tokoh penting dan selebriti sudah pernah ia tangani. Terakhir, Ima menangani artis Nabila Syakieb di hari bahagianya. Saat itu nama Ima Habsyi langsung booming, karena ia memakaikan white henna atau henna dengan warna putih, untuk mempercantik kedua tangan Nabila.

Ima Habsyi dan Nabila Syakieb
© 2015 money.id/Instagram

"Tahun 2010 waktu kakaknya menikah aku juga yang bikin henna-nya. Tadinya aku mau hubungi Nabila duluan, aku mau sponsori henna-nya. Tapi ternyata Nabila yang hubungi aku duluan. Dia telepon aku dan akhirnya booking. Waktu itu dia mau henna yang cepat hilang, karena dia mau syuting setelah nikah. Kebetulan ada white henna, karena kalau henna biasa hilangnya paling satu mingguan. White henna cocok karena bisa cepat hilang dan Nabila setuju," urainya.

Pada 2016 mendatang, masih banyak ide dan inovasi baru yang akan Ima kembangkan. Meskipun 90 persen klien yang sudah mem-booking-nya hingga akhir tahun depan, meminta dibuatkan white henna.

"Goal aku di 2016 sebenarnya ingin punya sertifikat internasional. Di Indonesia belum ada henna artist yang punya pengakuan internasional. Kebetulan aku dapat schoolarship itu di Amerika, tapi belum aku jalani. Inginnya sih 2016 aku berangkat, tapi ini yang waiting list sudah banyak sekali. Aku jadi bingung. Jadi mungkin diundur lagi," kata dara cantik yang baru mengenakan hijab di tahun 2014 itu.

Biodata Ima Habsyi

Nama lengkap: Rizky Fatimahtuzzahra
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta 30 November 1991
Alamat: Condet, Jakarta Timur
Anak ke: 2 dari 6 bersaudara
Hobi: Melukis, memasak, nonton
Orangtua: Muhammad Umar dan Salma

(da/da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section