1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

10 Anak Muda Kaya Raya dari Internet (II)

Rata-rata mereka merupakan pembuat games online dan website.

By Rohimat Nurbaya 14 Desember 2015 14:48
John Vechey pendiri PopCap (wordpress.com)

Money.id - Pada abad 20 orang kaya karena bisnis digital hanya ada dua orang, yakni pendiri Microsoft, Bill Gates dan pendiri Apple, Steve Jobs. Dua orang tersebut kaya raya sejak muda karena penemuannya.

Kini banyak anak-anak muda mengikuti keberhasilan dua orang tersebut, banyak orang mendadak jadi kaya karena bisnis digital. Rata-rata mereka merupakan pembuat games dan website. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Anak Muda yang Kaya Raya dari Internet (I)

 6. Angelo Sotira

(nerdist.com)

Pemuda kelahiran 14 Februari 1981 itu merupakan pendiri komunitas online DevianArt. Pada 7 Agustus 2000 dia bersama kedua temannya, Matthew Stephens dan Scott Jarkoff membangun situs musik bernama Dimension Music.

DevianArt sendiri merupakan bagian dari website tersebut dan saat ini berubah jadi Music Network. Situs tersebut tumbuh pesat karena menawarkan sesuatu yang berbeda.

Sekitar 2000-an sedang tenar pemutar musik Winamp, saat itu berbagai skin bermuculan, tapi Angelo dan dua temannya tidak ingin berkutat pada hal itu. Mereka memilih membuat komunitas seni melalui website.

DeviantArt berkembang jadi Art community. Banyak orang ikut membangun website tersebut, Angelo hanya berperan sebagai developer, promotor, serta jadi administrator.

Angelo sendiri menjadi CEO deviantArt, dikutip dari Forbes kekayaannya pada 2014 mencapai US$10 juta atau setara Rp140 miliar.

7. John Vechey

(pcgamer.com)

Pemuda kelahiran Texas 31 tahun lalu itu merupakan pencipta game online di komputer. Vechey telah menciptakan banyak game jauh sebelum Facebook dan iPhone muncul.

Dia sempat putus sekolah pada 1997, akhirnya memutuskan jadi pembuat game. Vechey bekerja bersama dua rekannya.

Kemudian pada 2000 Vechey dan rekannya meluncurkan PopCap untuk pertama kali dan jadi pelopor industri game online di dunia.

Pada 2011, Electronic Arts membeli PopCap senilai US$750 juta atau setara Rp10 triliun dalam bentuk tunai dan saham.

Namun akhirnya, John Vechey meninggalkan perusahaan itu pada September 2014. Dia kemudian bekerja mengembangkan Grist.org, sebuah situs berita tidak mengutamakan keuntungan.

8. Alexander Levin

(elegantdirectory.com)

Pemuda kelahiran 1991 ini merupakan pendiri website penyimpan gambar ImageShack. Situs tersebut memang menyediakan jasa langganan gambar berbayar, tapi pendapatan utamanya berasal dari iklan.

Dikutip dari The Richest kekayaannya pada 2011 mencapai US$56 juta atau setara Rp782 miliar.

9. Jake Nickell

(rebuild21.org)

Pemuda kelahiran 1986 ini merupakan pendiri komunitas toko baju berbentuk website bernama Threadless. Situs itu didirikan pada 2000.

Dia mendirikan perusahaan bersama rekannya bernama Jacod DeHart dengan modal US$1,000 atau setara Rp14 juta. Dikutip dari The Richest kekayaan Nickell pada 2014 mencapai US$50 juta atau setara Rp670 miliar.

10. Greg Tseng dan Johann Schleier Smith

(Bloomberg)

Greg Tseng dan Johann Schleier merupakan lulusan Harvard. Mereka merupakan pencipta situs jejaring sosial tagged.com.

Jejaring sosial itu didirikan pada 2004 dengan nama perusahaan Tagged Inc. Kantor mereka berbasis di San Francisco, California. Dikutip dari The Richest, kekayaan mereka pada 2010 mencapai US$45 juta Rp628 miliar.

(Berbagai sumber)

 

Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section