1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Uniknya Perlombaan Kursi Roda di Jepang

Perlombaan ini berhadiah beras seberat 90 Kg.

By Nur Chandra Laksana 3 April 2016 08:06
Lomba Kursi Roda (Saneki.com)

Money.id - Demam pagelaran balap mobil F1 memang telah menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Banyak orang melakukan hal apa saja untuk menyambut pagelaran ini, mulai dari dengan cara yang biasa hingga cara yang sangat unik.

Salah satunya adalah Jepang. Demi menyambut pagelaran F1, mereka memiliki tradisi khusus, yakni melakukan perlombaan balap kursi kantor, seperti dilansir dari laman Mashable.

Memang, ajang balapan yang dinamai Isu-1 Gran Prix -- dimana Isu adalah kata jepang untuk kursi -- digelar secara khusus setiap tahun saat menjelang F1 dimulai.

Pada tahun ini, Isu-1 Grand Prix ini digelar di kota Kyotanabem prefektur Kyoto, pada akhir pekan menjelang gelaran F1 perdana. Tak terasa, pagelaran ini sudah yang ke enam kalinya digelar di Jepang semenjak 2010 silam.

Dalam lomba yang melelahkan selama dua jam itu, para peserta akan mendorong kursi sekuat tenaga melintasi 'sirkuit' sejauh kira-kira 180 meter.

Para peserta wajib memakai helm, pelindung siku, dan pelindung lutut. Hal ini dikarenakan kursi bisa-bisa patah di tengah jalan karena diajak meluncur dengan kecepatan tinggi sehingga peserta bisa jatuh dan terluka.

Peserta terbagi dalam tim yang terdiri dari tiga pebalap. Tim dinyatakan menang jika mampu mengumpulkan putaran terbanyak dalam waktu dua jam.

Tidak hanya itu, agar lomba balap kursi kantor ini semakin menarik, para peserta akan mendapat suntikan semangat dari para pemandu sorak yang cantik-cantik.

Dan tahun ini pemenangnya adalah tim Kiyotaki yang berhak menggondol hadiah berupa 90 kg beras untuk masing-masing anggota.

Lomba, yang awalnya sebagai alat pemasaran sebuah pusat perbelanjaan di Kyotanabe, telah menjadi acara populer dan telah diselenggarakan di 12 wilayah lain di Jepang. Termasuk lomba yang akan digelar di Kota Tainan, Taiwan pada bulan April mendatang.

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section