1. HOME
  2. FRESH
CEK AJA

Sst.. Ini Cara Cari Pekerjaan Baru Tanpa Ketahuan Bos Sekarang

Jangan sampai posisi Anda di kantor sekarang terancam karena ketahuan mencari pekerjaan lain.

By Dwifantya Aquina 18 Agustus 2016 17:02
Tips mencari pekerjaan baru (postbrand)

Money.id - Setiap berencana pindah pekerjaan, semua orang pasti punya alasan pendukung mulai dari jarak kantor sekarang terlalu jauh, peluang karier yang terbatas ataupun gaji yang kurang mencukupi.

Namun, dalam mencari pekerjaan baru Anda harus cerdik agar bos di kantor tidak mengetahuinya. Selain ini merupakan masalah etika, posisimu juga masih aman bila tidak kunjung mendapatkan pekerjaan baru. Agar rencanamu lancar, berikut ini 7 tips melamar pekerjaan baru tanpa ketahuan bos seperti dikutip CekAja:

Jangan gunakan fasilitas kantor

Hal pertama yang harus diingat, jangan pernah gunakan fasilitas kantor untuk melamar pekerjaan. Sebaiknya Anda tidak mengirim surat lamaran lewat komputer kantor bahkan WiFi kantor sekalipun. Karena bisa saja bagian IT tahu dan gosip bakal tersebar luas dengan cepat. (Baca juga: Cara-cara Unik yang Bisa Membebaskan Anda dari Utang)

Tidak perlu masukkan nama perusahaan saat ini

Pada CV yang baik biasanya orang menuliskan data tentang pengalaman kerja. Untuk berjaga-jaga karena status Anda masih aktif bekerja, sebaiknya jangan masukkan nama perusahaan saat ini. Buatlah keterangan misalnya bekerja sebagai supervisor selama 3 tahun di “Company Confidential“.

Sebaiknya schedule interview sebelum atau sesudah kerja

Ini merupakan salah satu cara terbaik agar gerak-gerikmu dalam mencari pekerjaan baru tidak terendus oleh bos. Kalau terlalu sering pulang lebih awal atau bahkan tidak masuk kerja, maka bos akan curiga Anda sedang berusaha mencari pekerjaan lain di luar sana.

Ajukan cuti untuk interview

Kalau tidak bisa menjadwalkan interview kerja di luar jam kantor, sebaiknya ajukan cuti saat Anda mendapat panggilan interview. Banyak alasan bisa dimanfaatkan seperti urusan keluarga atau keperluan berobat, Anda pasti diizinkan cuti.

Rahasiakan hal ini dari siapapun di kantor

Jangan pernah menceritakan rencanamu pada siapapun di kantor, bahkan teman dekat sekalipun. Karena biasanya ketika sudah memberi tahu satu orang, kabar tersebut bakal tersiar dengan cepat. Kalau sampai bos tahu, Anda bisa pusing deh.

Buat kesepakatan dengan tempat kerja baru

Saat melakukan kontak atau interview dengan perusahaan yang baru, bilang secara terang-terangan bahwa sebaiknya hal ini dirahasiakan. Mereka tidak perlu mengontak orang-orang di kantormu yang sekarang, ini demi kebaikan bersama juga. (Baca juga: Kesalahan-kesalahan yang Bikin Anda Rugi Beli Asuransi)

Hindari pemberian kontak supervisor, manajer atau siapapun di kantor

Saat melamar kerja, bakal tertera kolom kontak referensi yang bisa dihubungi untuk mengetahui Anda lebih jelas. Jangan pernah sekalipun menaruh kontak orang-orang di kantormu. Kalau mereka sampai dihubungi, kabar Anda sedang cari pekerjaan baru bakal menyebar dengan cepat.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section