1. HOME
  2. FRESH
TIPS SEHAT

Ini Rahasia Tidur Siang Sempurna

Tidur siang diklaim dapat meningkatkan produktivitas.

By Adhi 18 Agustus 2016 10:19
Ilustrasi (keranews.org)

Money.id - Jatah tidur yang kurang berkualitas karena banyaknya kegiatan sudah bukan hal yang mengejutkan lagi bagi masyarakat modern. Tidur siang pun tak jarang menjadi aktivitas langka bagi orang dewasa.

Padahal, tidur siang punya banyak manfaat. Utamanya untuk mengisi ulang tenaga setelah beraktivitas seharian.

Nah, sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara untuk mendapatkan pola istirahat yang tepat dalam pandangan ilmiah?

Pertanyaan itu akhirnya berjodoh dengan jawaban dari Linda Baumgartner. Dilansir laman Mashable, sang sleep expert itu mencoba menjelaskan bahwa tidur siang yang benar bukan sekedar berleha-leha melepas penat, tetapi bertujuan untuk membuat Anda menjadi lebih produktif.

Dengan pola pikir itu, kesiagaan dan ketangkasan Anda dijamin meningkat secara otomatis pasca bangun tidur nanti.

Dari segi ilmiah, tidur siang pada dasarnya sangat cocok dilakukan seusai makan siang yang tepat waktu. Sebab, memilih untuk tidur siang terlalu sore bisa menyebabkan Anda tidur terlalu lelap yang mana itu tidak baik bagi kesehatan.

Optimalnya, tidur siang hanya dilakukan selama 15 sampai 20 menit saja. Jika dilakukan terlalu lama, malah akan membuat Anda terasa lebih lelah saat bangun nantinya.

Selain itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan yang baik juga sangat disarankan karena dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, contohnya pisang dan susu hangat.

Sedangkan yang harus dihindari ialah makanan-makanan yang mengandung terlalu banyak asam, alkohol, gula, kafein, dan lemak.

Tak hanya makanan yang baik, suasana yang menenangkan fisik juga sangat membantu untuk membuat Anda terlelap. Mematikan lampu bisa menjadi salah satu cara untuk membuat Anda fokus menuju alam mimpi, selain melakukan yoga atau teknik relaksasi lainnya.

Baca juga:

 

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section