1. HOME
    2. FRESH
FRESH

Ini Daftar Departemen Store Terbaik di Dunia

Berikut adalah pusat perbelanjaan terbesar dan terbaik di dunia.

By Azalia Amadea 18 Agustus 2016 08:10
Le Bon Marche, Paris (cnn.com)

Money.id - Selain lengkap, salah satu daya tarik dari sebuah pusat perbelanjaan (departemen store) adalah bentuk fisik bangunannya. Layanan dan kenyamanan adalah dua hal lainnya yang mempengaruhi orang untuk berbondong-bondong berbelanja di pusat perbelanjaan tersebut.

Tidak hanya itu, nilai sejarah dan kisah-kisah unik di balik pembangunan atau berdirinya pusat perbelanjaan juga ternyata memiliki daya tarik tersendiri. Dilansir laman CNN, berikut adalah pusat perbelanjaan terbesar dan terbaik di dunia.

Le Bon Marche, Paris

Sering dianggap sebagai pusat perbelanjaan modern pertama di dunia, Le Bon Marche Rive Gauche telah menjadi tempat paling unik untuk berbelanja di Paris sejak pembukaannya pada tahun 1852.

Terletak di sepanjang tepi kiri Sungai Seine dengan luas 3.000 meter persegi, Le Bon Marche pada awal 2016 menjadi tempat belanja pertama yang menyelenggarakan pameran instalasi kertas dan bambu Child's Play karya seniman China, Ai Weiwei.

Selfridges, London

Didirikan pada tahun 1909, Selfridges telah terpilih sebagai pusat perbelanjaan terbaik dunia se-banyak tiga kali berturut-turut dalam ajang dua tahunan Department Store Summits.

Pusat perbelanjaan, yang terletak di Oxford Street yang merupakan surga belanja di pusat kota London itu, memiliki pusat galeri sepatu yang disusun seperti sebuah kuil dan merupakan yang terbesar di dunia.

GUM, Moscow

Pusat perbelanjaan milik Pemerintah Moskow ini terletak di Red Square dan memiliki banyak sejarah. GUM mampu bertahan lebih dari satu abad di tengah pergolakan politik Soviet setelah diresmikan tahun 1890. Dengan panjang 242 meter, struktur bangunan berlantai tiga ini mampu lolos dari buldoser selama tiga kali.

Bangunan ini juga pernah menjadi menjadi kantor Joseph Stalin pada era 1920-an. Uniknya, toilet mewah di dalam GUM pernah ditutup karena dianggap menjadi simbol kemewahan kaum borjuis pada tahun 1918. Kini toilet bersejarah yang berganti nama menjadi Historic Toilet tersebut dibuka untuk wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Rusia di era Komunis.

Baca Juga

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section