1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Sensasi Unik Melepas Penat di Desa Kurcacil, Purbalingga

Untuk masuk ke lokasi ini pengunjung hanya dibebani Rp5 ribu per orang serta Rp2 ribu per motor.

By Nur Chandra Laksana 15 Agustus 2016 18:04
Kampung Kurcaci di Purbalingga (merdeka.com)

Money.id - Jika Anda penggemar film The Hobbit, maka Anda wajib mendatangi Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Pasalnya di tempat wisata ini, ada sebbuah loaksi wisata yang memiliki tema rumah kurcaci untuk dikunjungi.

Memiliki luas sekitar 3,5 hektare, lokasi wisata yang berada di kaki Gunung Slamet ini memang sangatlah sejuk. Belum lagi ditambah rimbunnya pepohonan yang berada di loaksi ini membuat para pengunjungnya lupa dengan kepenatan yang ada di kota.

Sebenarnya lokasi ini tidak dibangun untuk menjadi lokasi wisata. Awalnya pemerintah setempat menyiapkan lokasi ini sebagai sekolah alam untuk anak-anak desa.

 “Awalnya, kami menyiapkan sekolah alam untuk anak-anak desa. Untuk menarik anak-anak, kami buatkan semacam rumah Kurcaci, dan ternyata anak-anak sangat tertarik. Tidak hanya, anak-anak desa setempat,, wisatawan yang datang kemudian berfoto dan mengunggahnya ke media sosial, menjadikan Kampung Kurcaci semakin ramai,” ujar pegiat desa wisata setempat yang sekaligus pengelola Rumah Kurcaci, Edi Susanto seperti dikutip dari laman resmi Kabupaten Purbalingga.

Pemilihan nama sendiri bukan dikarenakan penghuni di lokasi ini memiliki tubuh yang 'mini'. Pemilihan ini diambil karena lebih menggambarkan filosofi bahwa sejatinya manusia itu terasa kecil dibanding keindahan alam.

"Ketika wisatawan berada di bawah rindangnya pepohonan besar dan menjulang tinggi, membuat kita menjadi kecil bagai kurcaci. Sebuah pelajaran dari alam bahwa meskipun sejatinya kita manusia besar dengan segala kekuasaannya, namun seiring perpindahan ruang dan waktu, kita bisa saja menjadi makhluk mungil dengan segala keterbatasannya," ujarnya berfilosofi.

Keberadaan wisata kampung kurcaci, diakui salah satu pemandu Kusin (18), membuka potensi destinasi wisata lain di Desa Serang untuk dikunjungi. Diakuinya, keindahan alam yang menjadi andalan desa tersebut saat ini menjadi alternatif selain kampung kurcaci.

"Sebenarnya, banyak wahana yang bisa dinikmati, seperti air terjun (curug) Tarung, curug Lawang, camping ground, pendakian Gunung Kelir, perpustakaan alam, dan rumah pohon," ujar Kusin.

Untuk masuk ke lokasi ini pun para pengunjung tidak dibebankan biaya yang terlalu mahal. Hanya dengan membayar Rp2 ribu saja per motor dan Rp5 ribu per orang, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan lokasi ini dengan aman dan nayaman.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Prayitno, mengatakan, area sekolah alam kampung kurcaci ini sekitar 3,5 hektare yang lahannya milik PT Perhutani.

"Pihak pengelola dalam kapasitas sebagai masyarakat anggota LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) tengah menyiapkan kerja sama dengan Perhutani. Tentunya kami berharap, Perhutani memberikan kemudahan dalam pengelolaannya. Prinsipnya, masyarakat tidak merusak tanaman hutan utama berupa pohon damar," katanya.

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section