1. HOME
  2. FRESH
WISATA INDONESIA

Bangga, Indonesia Punya Ajang Balap Sepeda Terpopuler di Dunia

Tour de Singkarak mengungguli empat kejuaraan balap sepeda mancanegara lain.

By Adhi 17 Agustus 2016 14:02
Tour de Singkarak 2016 di Provinsi Sumatera Barat (hello-pet.com)

Money.id - Tour de Singkarak (TdS) 2016 sukses diselenggarakan mulai dari etape pertama di Danau Singkarak, Kabupaten Solok, hingga etape kedelapan yang berlangsung di Monumen Merpati Perdamaian, Kota Padang, Minggu 14 Agustus 2016 lalu.

Amir Kolahdouz pebalap asal tim Pishgaman (Iran) berhasil keluar sebagai juara umum, diikuti pebalap Indonesia Dadi Suryadi di tempat kedua yang memperkuat Terengganu Cycling Team (Malaysia), serta Ricardo Garcia di posisi ketiga yang memperkuat Kinan Cycling Team (Jepang).

Tour de Singkarak sendiri dinilai sebagai kejuaraan balap sepeda paling populer di dunia menurut situs Worldcyclingstats.com, mengungguli empat kejuaraan lain yang diselenggarakan di waktu yang bersamaan yaitu Tour of Szeklerland (Rumania), Tour de I"Ain (Perancis), The Larry H Miller Tour of Utah (Amerika Serikat) dan Anterwpse Hapenpijl (Belgia).

"Tour de Singkarak jadi trending topic di sosmed sehingga bisa ada di peringkat satu di website Worldcyclingstats.com," kata Jamaludin Mahmood, Director Tour de Singkarak 2016.

Menurutnya, TdS 2016 merupakan TdS terbaik yang pernah diselenggarakan selama ini karena sinergi dan keamanan yang sangat baik dari berbagai pihak. Union Cycliste Internationale (UCI), induk organisasi internasional olahraga sepeda, mengapresiasi hal ini.

"UCI memberikan penghargaan keamanan yang terbaik. Kalau tahun lalu masih ada masalah dengan penginapan dan makan, tahun ini tidak lagi, sudah mengalami peningkatan," lanjutnya seperti dikutip dari laman Pesona Indonesia.

Ada beberapa indikator sehingga kejuaraan dengan kategori 2.2 ini menjadi yang populer versi www.worldcyclingstats.com di antaranya adalah gencarnya pemberitaan di media massa, media sosial, hingga keterlibatan masyarakat.

"Menteri Pariwisata ingin TdS ini dilangsungkan untuk pembangunan daerah, jadi tidak perlu berambisi naik kelas menjadi 2.1. Karena nanti tuntutan kualitas ke Kabupaten/Kota juga akan besar," ujar Jamal.

Untuk TdS 2017 nanti, renacananya pembukaan akan berlangsung di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar dan penutupan di Kota Bukittinggi. Sebelumnya beberapa Kabupaten telah mengajukan kesiapannya menjadi titik grand opening seperti Pasaman Barat dan Pariaman. (dwq)

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section