1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Hebatnya si "Jamu Paitan" Sambiloto: Obati Diabetes hingga Kanker

Sambiloto "jamu paitan" yang dapat membantu mengobati berbagai penyakit salah satunya diabetes.

By Azalia Amadea 18 Maret 2016 12:47
Ilustrasi tanaman sambiloto (Foto: wikipedia.org)

Money.id - Sambiloto adalah salah satu tanaman yang sudah digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal yang kaya khasiat. Sambiloto merupakan tumbuhan hijau dengan tinggi 30-110 cm yang tumbuh di India, Cina, Indonesia, Thailand dan negara Asia lainnya.

Tanaman ini sangat populer dijadikan sebagai minuman jamu yang rasanya sangat pahit sehingga sering disebut sebagai "jamu paitan." Jamu paitan ini juga dikenal sebagai "kings of bitter" yang rasa pahitnya membekas di lidah.

Dilansir dari berbagai laman Jumat 18 Maret 2016, dalam segelas jamu paitan tentunya terdapat bahan utama yaitu daun sambiloto yang terkadang juga dicampur dengan tanaman obat lainnya seperti brotowali, widoro laut, adas dan lain sebagainya.

Jamu sambiloto walaupun memiliki cita rasa yang pahit ternyata memiliki banyak khasiat, sebagai berikut:

1. Mengobati Diabetes

Zat etanolik pada sambiloto dapat mencegah terjadinya hiperglikemik atau kelebihan kadar gula dalam darah. Sementara dalam suatu penelitan menunjukkan orang yang rajin meminum jamu sambiloto selama 60 hari akan mengalami penurunan kadar gula darah, meningkatkan insulin plasma dan glikogen hepatik serta hemoglobin total.

2. Mengobati Diare

Menurut sebuah penelitian bakteri diare akut dapat disembuhkan dengan meminum jamu sambiloto. Meminum jamu sambiloto 500 mg sebanyak 3 kali sehari selama 6 hari dapat mengatasi diare.

3. Anti Malaria

Ekstra metanol yang terkandung salam sambiloto dapat mencegah terjadinya multiplikasi parasit. Selain itu, sambiloto juga dapat melawan salah satu parasit penyebab malaria tersebut.

4. Mencegah Kanker

Daun Sambiloto dapat mengobati penyakit seperti trofoblas seperti hamil anggur (mola hidatisoda), dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas) serta tumor paru yang dapat menjadi cikal bakal terjadinya kanker. 

5. Manfaat lainnya

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya dari meminum jamu sambiloto seperti menurunkan kolesterol, mengatasi gatal-gatal, jerawat, kembung, pegal dan pusing.

Namun, bagi Anda ibu hamil atau penderita darah rendah tidak dianjurkan untuk meminum jamu sambiloto. Karena sambiloto mengandung beberapa zat yang diduga dapat menggugurkan kandungan dan menurunkan tekanan darah.

Cara aman meminum jamu paitan ini adalah dengan mengkonsumsinya sesuai takaran, agar khasiat dan efeknya dapat terasa dengan baik serta tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section