1. HOME
  2. FRESH
JAMU

Ini Dia 'Segudang' Manfaat Jamu Tradisional Asli Indonesia

Jamu tetap dipilih sebagai obat meski sudah banyak jamu kemasan dari pabrik yang hadir di pasaran.

By Desy Afrianti 17 Maret 2016 14:06
Ilustrasi jamu beras kencur/sahabatnestle.co.id

Money.id - Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Bahan-bahan alam diolah menjadi sesuatu yang memiliki manfaat, salah satunya adalah ramuan tradisional.

Minuman yang diracik dari akar-akaran atau biasa disebut jamu itu baik untuk kesehatan. Jamu diyakin bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Hingga kini, jamu tetap dipilih sebagai obat meski sudah banyak jamu kemasan dari pabrik yang hadir di pasaran.

Bagi yang belum tahu, yuk kenali jamu-jamu alami dan manfaatnya bagi kesehatan seperti dikutip dari vemale.com.

1. Beras kencur

Jenis jamu ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Biasanya orangtua memberi minuman beras kencur pada anak mereka agar nafsu makannya bertambah.

Komposisi alaminya terbuat dari beras, kencur, jahe dan gula merah. Bahan-bahan lain adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo dan lain-lain. Khasiatnya selain menambah nafsu makan juga untuk membuat tubuh lebih bugar dan meredakan pegal-pegal.

2. Paitan

Banyak yang tidak suka dengan jenis jamu ini. Padahal jamu ini sangat baik untuk kesehatan. Kandungan alaminya berupa sambiloto dan brotowali.

Meski pahit, bila Anda mau meminumnya secara rutin, maka jamu ini bisa memerangi berbagai penyakit seperti kolesterol. Selain itu khasiat pahitnya bisa membersihkan darah dan menghilangkan jerawat.

3. Kunci sirih

Bagi wanita, jamu yang satu ini mungkin sudah sangat akrab. Jamu yang mampu mengatasi bau badan dan mengencangkan perut ini biasanya dibuat dari daun kunci dan daun sirih. Biasanya juga ditambahkan kencur dan sebagainya. Tentu saja jamu ini juga punya manfaat baik bagi kesehatan organ intim Anda.

4. Kunyit asam

Apakah Anda punya masalah dengan haid? Coba deh ramuan herbal alami kunyit asam. Rasanya segar dan mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti panas dalam. Selain itu juga berfungsi untuk menurunkan berat badan.

5. Jamu gepyokan

Jamu yang satu ini biasanya disarankan para calon mertua pada menantu wanitanya. Hal ini karena manfaat jamu gepyokan yang mampu menjaga kuantitas air susu ibu. Bahan alami di dalamnya biasanya dibuat dari kencur, jahe, daun katu, dan sebagainya. Alami dan baik bagi kesehatan.

6. Jamu cabe lempuyang

Bila Anda mengalami pegal linu di daerah pinggang, boleh juga mencoba jamu cabe lempuyang ini. Terbuat dari cabe jamu dan rimpang lempuyang, jamu pegal linu itu bisa mengatasi masalah kesemutan dan capek-capek di badan. 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section