1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Hyperrealism, Seni Lukis dengan Hasil Mirip Jepretan Kamera

Karya seni ini membutuhkan ketelitian luar biasa terhadap tingkat kedetailan gambar.

By Rizki Astuti 12 Maret 2016 14:01
Hasil Karya Lukisan Olumide (CNN.com)

Money.id - Tetesan air meluncur pada anak-anak berwajah polos yang sedang bergembira ria, mandi di sungai dekat rumah mereka. Sementara seorang anak perempuan menatap langsung ke depan ke arah kamera.

Tapi percayakah Anda bahwa semua itu bukan hasil jepretan kamera, melainkan goresan tangan yang menghadirkan karya seni sebuah lukisan? Ya, itu semua adalah karya master pelukis beraliran hyperrealism asal Nigeria kelahiran Lagos, bernama Oresegun Olumide.

(Oresegun Olumide/Instagram)

Melansir dari CNN, lukisan hyper realistic merupakan lukisan yang menyerupai subjek asli dan tampak nyta. Lukisan itu dibuat menggunakan cat minyak sehingga membuat karyanya tampak begitu hidup, dan Anda yang melihat akan akan sulit membedakannya.

Air adalah tema utama yang selalu ada dan berulang dalam seni lukisnya. Menurut pepatah populer dalam bahasa Yoruba, bahasa ibu Olumide, bahwa 'air tidak memiliki musuh'.

Penggunaan air memberikan efek tembus dan katanya, itu hal sulit bagi banyak orang untuk melukisnya. Olumide memang ingin menciptakan seni yang belum pernah dilihat oleh masyarakat sekitar dan ini sangat menantang baginya.

"Saya tertarik pada seni lukis pada usia empat tahun dan mulai menjadi pelukis profesional pada 2005," kata Olumide.


Master hyperrealism berusia 35 tahun ini sebelumnya mengambil Jurusan Fine Art di Yaba College of Technology, Lagos, dan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Olumide lebih suka melukis subjek yang terinspirasi dari masyarakat sekitarnya.

Itu karena dia ingin menciptakan hasil karya seni yang mencerminkan kehidupan orang-orang di sekelilingnya. Menurut Olumide, karyanya adalah 'proses bertahap' yang membutuhkan sekitar dua sampai tiga minggu untuk membuat satu lukisan hyper realistic utuh.

"Dan tergantung pada kerumitan yang ingin saya capai, itu bisa membutuhkan beberapa bulan," tambahnya. Dia mengaku membutuhkan ketelitian luar biasa terhadap tingkat kedetailan gambar, agar dapat terbukti atau terlihat sangat nyata. (els)

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section