1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Benarkah Pria Pendek dan Wanita Gemuk Sulit Mendapat Kerja?

Namun efek dari kelebihan berat badan ini lebih terlihat jelas pada wanita dibandingkan pria.

By Rizki Astuti 12 Maret 2016 12:50
Ilustrasi Wanita Gemuk dan Pria Pendek (thesun.co.uk)

Money.id - Sebuah penelitian mengungkapkan pria pendek dan wanita gemuk cenderung sulit sukses secara finansial, dibanding mereka yang memiliki postur tubuh tinggi dan ramping. Hasil penelitian itu diungkapkan dalam British Medical Journal.

Temuan itu menunjukkan bahwa mereka yang bertubuh pendek dan gemuk memiliki status sosial ekonomi lebih rendah. Dikutip laman Time, Sabtu 12 Maret 2016, korelasi antara tinggi badan dan kesuksesan finansial, cenderung tinggi untuk pria. 

Sementara hubungan antara berat badan dan tingkat pendapatan, lebih jelas terlihat pada kaum hawa. Penelitian ini diklaim paling komprehensif karena melibatkan lebih dari 120.000 orang di Inggris.

"Temuan ini memberikan bukti bahwa orang yang kelebihan berat badan terutama wanita, sangat tidak diuntungkan. Orang yang badannya tinggi, terutama pria memiliki banyak keuntungan," tulis para peneliti.

Jadi pria bertubuh tinggi bisa meraih cita-cita lebih baik di bidang pendidikan, tingkat pendapatan, dan kelas pekerja. Namun pria dengan kelebihan berat badan, cenderung memperoleh pendapatan yang rendah.

Namun efek dari kelebihan berat badan ini lebih terlihat jelas pada wanita dibandingkan pria. Wanita dengan berat badan lebih dari 6 kg dari rata-rata, cenderung mengalami penurunan pendapatan mencapai US$ 1,600 atau setara dengan Rp20,7 juta per tahun.

Bahkan kecil kemungkinannya untuk memiliki mobil, rumah, atau pekerjaan yang mapan. Penulis penelitian pun menunjukkan jawaban dari pertanyaan itu.

"Postur tubuh lebih tinggi dan indeks massa tubuh yang lebih rendah, mungkin akan meningkatkan status sosial ekonomi, melalui diskriminasi terhadap orang yang lebih pendek dan gemuk. Atau perbedaan harga diri dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk direkrut bekerja," kata mereka.

Menurut peneliti, ini seperti siklus ayam atau telur, pria pendek dan wanita gemuk mungkin mendapatkan pesan dari perusahaan atau penasihat akademik, bahwa mereka tidak akan berhasil. Para penasihat itu umumnya akan menyiapkan 'ramalan' yang menjauhkan mereka dari berbagai potensi yang dimiliki. (els)

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section