1. HOME
  2. FRESH

Ilmuwan Israel Klaim Kembangkan Vaksin Covid-19

Mereka telah membuat terobosan signifikan dalam memahami virus corona baru atau COVID-19.

By Ismoko 15 Maret 2020 10:54
Ilustrasi COVID-19. (Foto: Freepik.com)

Para ilmuwan di Institute for Biological Research Israel diklaim telah membuat terobosan signifikan dalam memahami virus Corona baru atau COVID-19.

Dilansir Haaretz.com, sumber-sumber di institut tersebut baru-baru ini mengklaim bahwa mereka sudah bisa memahami mekanisme biologis dan kualitas dari virus Corona baru.

Tidak itu saja, mereka juga sudah mampu melakukan diagnostik yang lebih baik, memproduksi antibodi bagi mereka yang terinfeksi virus dan mengembangkan vaksin untuk virus.

Namun saat ditanya tentang kemajuan tersebut, Kementerian Pertahanan Israel enggan membuat pernyataan yang terkesan terburu-buru.

" Institut belum punya terobosan dalam menemukan vaksin untuk virus korona atau untuk mengembangkan alat ujinya," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Israel.

Disebutkan pula bahwa institut bekerja sesuai dengan jadwal dan rencana kerja yang pasti akan membutuhkan waktu.

Institute for Biological Research adalah lembaga penelitian dan pengembangan yang terkenal di dunia. Mereka memiliki peneliti dan ilmuwan berpengalaman dengan infrastruktur dan pengetahuan yang bagus.

Saat ini ada lebih dari 50 ilmuwan berpengalaman yang bekerja di institut tersebut untuk meneliti dan mengembangkan vaksin untuk virus corona.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyhu sebelumnya memerintahkan lembaga tersebut untuk mencurahkan sumber daya untuk mengembangkan vaksin bagi COVID-19 pada 1 Februari 2020.

Biasanya, proses panjang dalam pembuatan vaksin melibatkan percobaan pra-klinis pada hewan yang diikuti oleh uji klinis pada manusia.

Hal ini dilakukan untuk memahami karakteristik dari efek samping vaksin tersebut dan dampaknya pada populasi yang terinfeksi.

Proses pengembangan tersebut membutuhkan serangkaian tes dan eksperimen lainnya yang dapat berlangsung berbulan-bulan sebelum vaksin dianggap efektif atau aman untuk digunakan. (Sumber: Dream.co.id)

 

 
 

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section