1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Berhenti Merokok Akan Lebih Mudah di Bulan Puasa, Ini Alasannya

Ada kabar baik bagi Anda yang berencana merokok dalam bulan ini. Apalagi bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa.

By Dwifantya Aquina 11 Juni 2017 08:41
Ilustrasi rokok (sfltimes.com)

Money.id - Bagi para perokok aktif, berhenti merokok bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika kebiasaan merokok sudah berlangsung bertahun-tahun. Ada saja hambatan yang membuat seorang rencana berhenti merokok gagal seperti ajakan kongko di kafe favorit, tidak bisa menahan mulut yang terasa asam dan banyak lagi.

Namun, ada kabar baik bagi Anda yang berencana merokok dalam bulan ini. Apalagi bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa. Sebab, di bulan ini niat untuk berhenti merokok jadi makin terasa mudah. Lho kok bisa?

Yuk baca ulasan yang dilansir dari CekAja.com di bawah ini agar para perokok bisa berhenti merokok sejak bulan puasa tahun ini.

Waktu merokok jadi semakin singkat

Di bulan Ramadan, umat muslim biasanya disibukkan dengan ibadah. Selain puasa, umat muslim juga diwajibkan untuk tadarus atau membaca Al Quran. Di malam hari, setelah berbuka puasa umat juga mengikuti tarawih. Dengan habisnya waktu untuk beribadah, makin sedikit pula waktu untuk merokok.

Bila pada hari biasa Anda sering kongko di kafe atau bersantai di rumah saat waktu senggang, momen-momen yang memancing keinginan untuk merokok seperti itu sudah tidak akan Anda temukan di bulan puasa. Alhasil, rencana untuk berhenti merokok jadi makin mudah karena minimnya godaan-godaan tersebut. (Baca juga: 6 Cara Manfaatkan Momen Ramadan dan Lebaran untuk Hasilkan Uang)

Tidak bisa langsung merokok usai berbuka

Bagi para perokok, menghisap rokok usai makan atau minum punya kenikmatan tersendiri. Momen ini pula yang membuat seseorang yang berencana berhenti merokok mengalami kegagalan. Nah, di bulan puasa, perokok yang berniat berhenti merokok sangat dimudahkan. Alasannya, ketika berbuka puasa perokok tidak punya banyak kesempatan untuk bersantai dan mengisap rokok karena harus diburu waktu untuk menjalankan salat magrib. Setelah salat, usahakan untuk tetap menjauh dari rokok dan alihkan perhatian Anda pada ibadah.

Lebih banyak dukungan untuk berhenti merokok

Biasanya momen Ramadan memang jadi momen favorit bagi para perokok untuk berhenti merokok. Alasannya karena segudang kemudahan yang ada. Nah, bila Anda berencana berhenti merokok tentu situasinya akan lebih mudah mengingat banyaknya dukungan untuk berhenti, terutama dari sesama perokok yang ingin berhenti. Tentu kondisinya akan lebih mudah bila lingkungan Anda mendukung.

Kenapa tak lanjutkan kebiasaan baik ini

Bayangkan, selama 30 hari Anda bisa menahan diri untuk berpuasa termasuk berhenti merokok. Biasanya, setelah berhenti selama itu, seorang perokok akan alergi terhadap bauu asap rokok. Akhirnya, aktivitas tanpa rokok jadi kebiasaan baru dalam hidup Anda. Ini adalah kesempatan emas mengingat niat Anda berhenti merokok agar memiliki hidup yang lebih sehat. (Baca juga: 3 Alasan Bulan Puasa Cocok untuk Mulai Berhenti Merokok)

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section