1. HOME
  2. FRESH

3 Faktor Utama yang Pengaruhi Penyebaran Virus

Pastikan Sahabat Dream menjaga kekebalan tubuh dengan baik.

By Ismoko 11 Maret 2020 11:18
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Virus Corona dapat menular melalui kontak fisik seperti bersalaman. Penyebaran virus juga bisa melalui benda-benda yang berada di ruang publik seperti transportasi umum.

Terdapat beberapa faktor secara umum yang mempengaruhi penyebaran virus. Faktor yang pertama yaitu agent yang merupakan mikroorganisme penyebab terinfeksi virus itu sendiri. Misalnya orang yang sedang sakit.

“ Jika ada orang yang sedang sakit sebaiknya menggunakan masker agar virus tidak menyebar ke orang lain,” ujar dr. Budiman Bela, SP. MK, Spesialis Mikrobiologi Klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia, di Kampus UI Salemba, Rabu, 11 Maret 2020. 

Lingkungan dan Usia

Faktor yang kedua berasal dari lingkungan, seperti cuaca, kualitas udara dan kebersihan lingkungan itu sendiri. Kemudian faktor ketiga adalah host, yang sangat berkaitan dengan umur. Pada mereka yang berusia 50 ke atas cenderung lebih rentan terhadap serangan virus.

“ Semakin tua usia seseorang itu jadi lebih mudah terserang,” kata dr. Budi.

 Yuk Kenali Apa Itu Batuk Kering!

Untuk itu, sangat penting menjaga daya tahan tubuh secara optimal. Lakukan olahraga teratur, istirahat yang cukup dan juga mengonsumsi menu harian yang kaya gizi.

“ Nutrisi penting sekali karena mempengaruhi apakah kita memiliki kekebalan tubuh yang baik,” ujar dr. Budi. (Sumber: Dream.co.id/Cindy Azar)

 

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section