1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Ramadan Jangan Sampai Kurang Tidur, Ini Alasannya

Kurang tidur ternyata bisa menimbulkan beberapa penyakit serius.

By Dwifantya Aquina 14 Juni 2017 11:22
Ilustrasi tidur di kantor (keranews.org)

Money.id - Di bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Konsekuensinya, selain harus menahan lapar dan haus di siang hari, umat muslim juga bangun pada dini hari untuk bersantap sahur.

Bagi mereka yang beraktivitas di pagi hari, melewatkan jam tidur setelah sahur merupakan hal yang biasa. Bahkan, beberapa di antaranya sengaja bangun lebih pagi karena takut ketinggalan sahur. Makan sahur memang penting. Namun, jangan sampai Anda kurang tidur karenanya. Sebab, kurang tidur ternyata bisa menimbulkan beberapa penyakit serius di bawah ini.

Serangan jantung dan stroke mengintai

Inilah penyakit kritis yang bisa menyerang orang kurang tidur. Asal tahu saja, waktu tidur yang diwajibkan bagi Anda yang ingin sehat adalah tujuh jam sehari. Hal tersebut dibenarkan melalui penelitian West Virginia University School of Medicine pada tahun 2010. Waktu selama itu dibutuhkan agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Oleh karena itu, hindari kurang tidur meski Anda tengah berpuasa. Caranya dengan tidur lebih awal dan hindari begadang. Dengan demikian, Anda tetap bisa mengikuti sahur tanpa harus kekurangan waktu istirahat. (Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Kartu Kredit Syariah)

Naiknya berat badan, awas obesitas

Biasanya, ramadan dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Namun, bila Anda kurang tidur, rencana memiliki berat badan ideal bisa berantakan. Alasannya, untuk mendapatkan berat badan ideal, seseorang harus memiliki waktu tidur yang cukup yakni 7 jam sehari.

Namun, jangan sampai Anda kelebihan waktu tidur juga. Sebab, sebuah laporan di Quebec mengungkapkan, orang yang kelebihan waktu tidur dengan jam tidur 9 jam– 10 jam  berisiko mengalami kenaikan berat badan 25% lebih besar dibandingkan orang dengan waktu tidur ideal. 

Kinerja otak menurun

Manfaat tidur erat kaitannya dengan kesehatan otak. Tidak heran bila di tahun 2012 sebuah studi mengungkapkan bahwa tidur terlalu banyak juga bisa merusak otak. Diungkapkan oleh penelitian tersebut bahwa wanita yang tidur lebih dari 9 jam atau kurang dari 5 jam akan berisiko mengalami penuaan hingga 2 tahun lebih cepat. (Baca juga: 5 Jurus Jitu Agar Karier Melesat Cepat di Usia Muda)

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section