1. HOME
  2. FRESH

Benarkah Jahe dan Temulawak Bisa Tangkal Corona?

Tak masalah jika ingin mengonsumsinya karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

By Ismoko 6 Maret 2020 10:15
Rempah Jahe Dan Temulawak (Foto: Shutterstock)

 Sejak munculnya virus corona di Wuhan, China, banyak penelitian dilakukan untuk mencari cara mengatasi. Para peneliti di berbagai bidang mulai mengembangkan obat, vaksin, hingga ramuan rempah untuk menangkalnya.

Salah satunya adalah Profesor Chairul Anwar Nidom, dari Universitas Airlangga. Ia sempat mengungkap kalau rempah-rempah khas Indonesia seperti jahe, temulawak, kunyit, mampu menangkal virus corona.

Faktanya hal tersebut belum terbukti secara klinis. Hal ini diungkapkan oleh Syahrizal Syarif, pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia. Syahrizal mengungkap kalau tidak tepat jika rempah disebut sebagai penangkal Virus Corona.

" Obat herbal banyak manfaatnya bagi tubuh, tapi sampai sekarang tidak ada uji klinis. Kalau sudah uji klinis namanya fitofarmaka. Belum terbukti menangkal COVID-19," kata Syahrizal saat ditemui di Gedung Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Komplek Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 3 Maret 2020.

Fungsinya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Syarizal melanjutkan, temulawak, jahe, dan kunyit dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi rempah tersebut, imunitas akan meningkat dan tubuh menjadi bugar.

" Memang, yang sering terjadi adalah klaim manfaat temulawak, jahe, dan herbal lain secara berlebihan. Namanya juga mungkin untuk mempromosikannya, ya. Manfaatnya meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh. Sekali lagi, hal itu bukan mencegah Virus Corona secara langsung lho," tegasnya.

Ia menekankan kalau klaim soal rempah yang bisa menangkal corona dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk pembuktian. Sayangnya, hingga saat ini belum ada bukti medis yang bisa dipertanggungjawabkan.

" Untuk kekebalan sih oke, tapi jangan punya pandangan bahwa rempah-rempah bisa mencegah masuknya virus, khususnya Virus Corona. Enggak ada bukti," kata Syahrizal.

Ia pun kembali mengingatkan untuk menjaga tubuh tetap fit dan istirahat yang cukup. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh.

" Untuk mencegah Virus Corona, kita bisa cuci tangan. Kalaupun kita batuk pilek, biasa ya obatnya yang biasa diminum enggak masalah. Yang penting jaga kebersihan dan kesehatan tubuh," pesan Syahrizal. (Sumber: Dream.co.id

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section