1. HOME
  2. FRESH

Tangkal Corona, PMI Dukung Jemaah Bawa Sajadah Sendiri

Berkaca dari Iran dan Korsel, virus corona menyerang tempat ibadah.

By Ismoko 9 Maret 2020 10:25
Diskusi Seputar Virus Corona Di Universitas Paramadina (Dream.co.id/Annisa Mutiara Asharini)

Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said, mengimbau masyarakat untuk membawa sajadah sendiri ketika sholat di masjid. Terutama untuk sholat Jumat.

Sudirman mengatakan imbauan yang dia sampaikan juga merupakan pesan dari Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla. Tujuannya untuk mencegah tertularnya infeksi virus corona.

" Jusuf Kalla pesan kalau mau sholat bawa sajadah sendiri ke masjid. Untuk alas ibadah ini sebaiknya bawa sendiri,"  ujar Sudirman di acara Diskusi Publik Corona: Ujian Kebersamaan Bagi Indonesia, Jakarta, Kamis 5 Maret 2020.

Sudirman mengatakan berkaca dari kasus penyebaran Covid-19 di Iran dan Korea Selatan, virus ini menjangkiti rumah ibadah.

Alhasil, kebanyakan pasien positif corona di dua negara tersebut adalah pengunjung rutin rumah ibadah.

" Misalnya di gereja kita pegang kursi yang terkena droplets, di masjid bersin saat sujud dan sajadahnya dipakai lagi sama orang lain. Kita upayakan semprot desinfektan, warga juga harus waspada," kata Sudirman.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan Jusuf Kalla juga berpesan apabila ada jamaah yang sedang sakit sebaiknya tidak sholat di masjid.

Jemaah dengan gejala flu, demam atau batuk diimbau untuk melakukan pemulihan dan sholat di rumah.

 

JK Imbau Jemaah Bawa Sajadah Sendiri ke Masjid

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla meminta kepada seluruh pengurus maupun takmir masjid maupun musala, agar setiap saat menjaga kebersihan di lingkungan tempat ibadahnya, menyusul masuknya virus corona ke Indonesia.

Hal ini disampaikan JK saat memimpin rapat dengan para pengurus pusat maupun pengurus sayap DMI di Jakarta, Rabu (4/3/2020), seperti dilansir

" Mengimbau kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang, dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan Takmir Masjid atau musala, dengan teratur menjaga kebersihan," kata JK.

Selain itu, dia juga mengimbau para jemaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan yang bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing.

" Para jemaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh dan ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus corona, serta melakukan upaya tanggap atau melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid atau musala," jelas JK.

Menurut dia, semua itu dilakukan demi mencegah lebih banyak orang terpapar virus corona.

" Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat terhindar dari penyebaran virus corona yang dapat tersebar melalui kontak badan ataupun bersentuhan langsung dengan orang yang sedang terjangkit virus corona," pungkasnya. (Sumber: Dream.co.id)

 

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section